Kamis, 15 Juni 2017

Keindahan Curug Malela Bandung Jawa Barat

Keindahan Curug Malela Bandung.

Lokasi Wisata Kabupaten Bandung Barat memiliki beberapa air terjun yang sangat eksotis diantaranya Curug pemeungpeuk, Curug katumiri, Curug sumpel, Curug Malela dan masih banyak Curug lainnya. Salah satunya yang akan kita review saat ini adalah Curug Malela. Keindahan Curug Malela Bandung ini akan membuat kagum bagi setiap orang yang melihatnya karena bentuknya yang menyerupai air terjun yang ada di negara Amerika sehingga sebagian orang menjulukinya sebagai Little Niagara. Untuk mencapai Curug satu ini bukanlah perkara mudah karena medan perjalanan yang harus kita lalui sangat sulit dikarenakan kondisi jalannya yang sangat rusak. Tetapi setelah sampai di Curug Malela rasa lelah anda pasti akan terbayarkan setelah melihat keindahan Curug Malela Bandung yang memiliki ketinggian 60-70 meter ini.

keindahan lokasi wisata curug malela bandung
Curug Malela Bandung Barat

Curug ini tidak sebesar dan setinggi air terjun lainnya yang ada dibawah barat, akan tetapi Curug Malela ini merupakan Curug terindah yang ada di kabupaten Bandung barat. Air terjun Melela ini memiliki debit air yang cukup deras dengan hiasan berupa batu-batu besar di pinggirnya yang menambah keindahan bagi setiap orang yang memandangnya. Satu hal yang sangat disayangkan dinas pariwisata kabupaten Bandung barat ini belum mengelola lokasi wisata ini secara maksimal, hal ini bisa dilihat dari masih minimnya fasilitas yang ada ditempat wisata Curug Malela ini dan juga akses jalan ke sananya yang masih sangat tidak nyaman untuk kita lalui. Kondisi medan jalan yang kurang bagus ini membuat keindahan Curug Malela ini seolah terabaikan begitu saja oleh para wisatawan. Semoga saja pemerintah setempat untuk kedepannya bisa mengelola Curug Malela ini dengan baik. walaupun begitu sangat sayang jika anda juga melewatkan untuk melihat curug terindah di kabupaten Bandung barat ini, jika anda tertarik simak terus bagaimana cara untuk menuju ke Curug Malela Bandung ini.

Alamat Curug Malela Bandung Barat.

Lokasi wisata air terjun Malela ini tidak terlalu jauh dari tempat wisata Stone Garden Geo Park .
Baca Juga : Stone Garden Geo Park Padalarang Bandung.
Alamat dari  Curug Malela ini ada di Desa Cicadas, kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat. Untuk mengetahui lokasi Curug Malela ini anda bisa lihat google maps dibawah ini.

Rute Jalan ke Curug Malela Bandung Barat.

Untuk menuju ke lokasi wisata ini anda perlu sedikit bersabar supaya bisa menikmati keindahan Curug Malela yang terkenal memiliki medan jalan yang agak sulit. Untuk ke Curug Malela ini kita bisa mulai dari kota Bandung - Cimahi - Batujajar - Kecamatan Cihamelas - Cililin. Setelah sampai cililin ini kondisi jalan masih bagus tetapi kita masih harus melalui beberapa kecamatan untuk ke curug ini diantaranya kecamatan Sindangkerta - Bunijaya - Gununghalu - Kecamatan Rongga. Setelah sampai kecamatan Rongga, dari kecamatan Rongga ini kita masih harus menempuh perjalanan sejauh 8 km melewati beberapa desa sampai desa terakhir adalah Cicadas. Dari desa terakhir inilah kontur jalan mulai tidak bagus.

akses jalan ke lokasi wisata curug malela yang masih rusak
akses jalan ke curug malela masih rusak

Seperti yang kita bisa lihat diatas kondisi jalannya kalau saat hujan becek dan sangat licin, setelah sampai desa terakhir kita tidak bisa membawa kendaraan mobil sampai lokasi Curug, tetapi harus berjalan kaki sejauh 2 km atau jika tidak ingin berjalan bisa menggunakan jasa tukang ojek untuk melihat keindahan Curug Malela Bandung ini.

Fasilitas dan tiket masuk ke Curug Malela Bandung.

Fasilitas di lokasi wisata Curug Malela ini sangat minim sekali karena semua keperluan umum bagi para pengunjung seperti toilet, tempat ibadah, parkir dan penjual makanan dan minuman hanya tersedia di lokasi dekat pintu gerbang masuk Curug Malela . Padahal untuk mencapai air terjunnya sendiri kita masih harus berjalan cukup jauh. Untuk harga tiket masuk untuk melihat keindahan Curug Malela ini adalah Rp 10.000/orang sedangkan harga untuk sewa ojek bisa anda tawar langsung ke pengemudi ojeknya.

Tips untuk ke Curug Malela Bandung.

Jika anda ingin mengunjungi Curug Malela Bandung ini , ada beberapa tips yang akan kami bagikan diantaranya:
- sebaiknya mengunjungi Curug Malela saat musim kemarau , karena saat musim hujan kondisi airnya terlihat keruh dan debit air sangatlah besar sehingga anda tidak akan bisa bermain dan berenang di Curug ini.
- sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman karena setelah sampai Curug Malela tidak ada penjual makanan dan minuman, solusinya anda bisa beli terlebih dahulu saya di gerbang masuk tempat beli karcis.
- bawalah plastik kosong untuk tempat sampah karena dilokasi wisata Curug Malela sangat minim sekali tempat khusus pembuangan sampah.
- jangan lupa bawa kamera karena pemandangan dicurigai sangat bagus, sayang sekali jika tidak melakukan kegiatan foto-foto.
- persiapkan kondisi kendaraan karena karena rute jalan ke Curug Malela ini terbilang sangat terjal dan berliku.
Sekian informasi yang bisa kami bagikan mengenai keindahan Curug Malela Bandung, Jawa barat. Selamat berlibur.

0 komentar: