Sabtu, 10 Juni 2017

Situ Cipanunjang Danau Yang Masih Alami Di Pangalengan Bandung

Situ Cipanunjang Danau Yang Masih Alami di Pangalengan Bandung.

Pernahkah anda berpikir untuk mencari ketenangan di hari-hari kesibukan anda ?, Jika iya mungkin berarti anda ini kurang piknik, mungkin itu bahasa anak jaman sekarang. Nah... Mungkin solusinya adalah anda perlu mengunjungi lokasi wisata yang jauh dari perkotaan dan memiliki pemandangan yang bagus dan tentunya bisa membuat pikiran menjadi tenang. Salah satu tempat yang mungkin bisa mewujudkan semua keinginan anda yaitu Situ Cipanunjang danau yang masih alami di Pangalengan Bandung. Danau Cipanunjang ini memiliki view yang sekelilingnya terdapat pegunungan dan juga perbukitan yang sangat indah.

Situ cipanunjang Pangalengan bandung
Situ Cipanunjang Bandung

Danau Cipanunjang ini merupakan salah satu danau yang berada dekat dengan situ Cileunca dan masih sangat jarang dikunjungi orang. Karena sangat jarang dikunjungi makanya kondisi danau ini masih sangat asri dan juga alami.
Baca Juga : Situ Cileunca Danau eksotis di Pangalengan Bandung.
Tempat wisata satu ini juga sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata bagi keluarga ataupun menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari. Untuk anda yang menggemari kegiatan fotografi situ cipanunjang yang masih alami ini juga memiliki banyak sekali spot yang bagus untuk berfoto.

Lokasi dan alamat situ cipanunjang Pangalengan Bandung.

Lokasi wisata situ cipanunjang ini berjarak sekitar 45 km dari pusat kota Bandung tepatnya di Pangalengan - Bandung Selatan. Letak dari danau ini cukup unik karena tepat berada diatasnya Situ Cileunca sehingga sering disebut danau diatas danau. Untuk alamat dari situ cipanunjang itu ada di Desa Pulosarim - Kecamatan Pangalengan. Danau Situ Cipanunjang ini memiliki ketinggian 1100 meter diatas permukaan laut sehingga memiliki suhu udara yang sangat sejuk. Karena suhu udara disini yang cocok untuk tanaman sayur maka di sekitar dekat danau juga terdapat banyak petani sayur sehingga daerah Pangalengan  d ini sangat dikenal sebagai penghasil sayur terbanyak di kabupaten bandung. Diatas cipanunjang ini kita juga bisa melihat seluruh keindahan situ cileunca, tentunya pemandangan yang indah ini akan sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja. Untuk melihat peta lokasi wisata situ cipanunjang yang masih alami di Pangalengan ini, akan kami lampirkan peta google maps dibawah ini.

Fasilitas di situ cipanunjang Pangalengan.

Danau Cipanunjang ini memang bentuknya lebih kecil daripada situ Cileunca tetapi danau ini merupakan danau purba yang terbentuk secara alami, sedangkan danau cileunca hanyalah merupakan danau buatan. Fasilitas di situ panunjang Pangalengan ini memang tidak banyak seperti yang ada di danau sebelahnya yaitu Cileunca ,tetapi untuk menikmati permainan air anda bisa mengunjungi danau cileunca yang jaraknya sangat dekat. Walaupun minim fasilitas danau situ panunjang ini masih layak untuk kita kunjungi. Beberapa fasilitas di danau panunjang ini diantaranya :
- Perahu : walau minim fasilitas, di danau panunjang ini sudah ada perahu yang bisa kita sewa untuk berkeliling danau.
- bukit hijau : di panunjang ini terdapat perbukitan yang ditumbuhi rerumputan hijau yang luas, sehingga sangat bagus untuk berfoto.
- bangunan peninggalan Belanda: direrumputan bukit hijau berdiri beberapa bangunan peninggalan belanda. Bangunan Belanda ini juga merupakan spot bagus untuk berfoto.
- toilet : untuk kenyamanan pengunjung sudah tersedia toilet atau WC Umum.
- lokasi parkir : lokasi parkir untuk sepeda motor sudah tersedia di dekat bukit hijau sedangkan untuk mobil mungkin harus parkir di kawasan situ Cileunca. 
Diatas adalah beberapa fasilitas minim yang sudah ada di situ cipanunjang danau yang masih alami di Pangalengan Bandung.

Rute jalan ke situ cipanunjang Pangalengan Bandung.

Untuk rute jalan ke situ cipanunjang ini sama dengan rute jalan ke situ Cileunca, karena untuk ke danau cipanunjang ini kita harus menyeberang menggunakan perahu dari situ Cileunca atau menggunakan motor dengan melewati jembatan cinta. Untuk rute jalan ke lokasi wisata tersebut anda bisa menggunakan jalan Moh Toha Bandung - Dayeuh Kolot - Banjaran - Pangalengan - Situ Cileunca - Jembatan Cinta situ Cileunca - Situ Cipanunjang. Rute tersebut bisa anda gunakan untuk berwisata ke situ cipanunjang Pangalengan.

Tips Wisata ke Situ Cipanunjang Pangalengan.

Untuk berwisata ke situ cipanunjang tidak banyak tips yang bisa kami bagikan, akan tetapi ada beberapa tips yang cukup penting diantaranya :
- jangan lupa membawa kamera karena di lokasi wisata danau cipanunjang banyak spot bagus untuk berfoto, tentu anda tidak ingin kehilangan moment atau kenangan saat berwisata ke situ cipanunjang.
- saat siang hari jika di bukit hijau ada baiknya gunakan Sunblock agar kulit anda tidak gosong.
- sehabis hujan sebaiknya berhati-hati jika bermain di bukit hijau karena sangat licin.
Sekian informasi yang bisa kami bagikan mengenai lokasi wisata situ cipanunjang yang masih alami di Pangalengan Bandung.selamat berlibur.

0 komentar: