Purchasing Code

Sabtu, 10 Juni 2017

Situ Cileunca Danau Eksotis di Pangalengan Bandung

Situ Cileunca danau eksotis di Pangalengan Bandung.

Lokasi Wisata Pangalengan ini memiliki tempat yang bisa menjadi destinasi untuk mengisi liburan bersama keluarga anda. Salah satu tempat wisata yang cukup menarik untuk anda kunjungi adalah Situ Cileunca Danau Eksotis di Pangalengan Bandung. Danau ini memiliki pemandangan yang indah karena letaknya yang diapit oleh beberapa pegunungan dan juga perbukitan. Danau situ Cileunca ini memiliki luas area sekitar 1400 hektar dengan ketinggian 1100 meter diatas permukaan laut.

Situ cileunca Pangalengan bandung
Situ Cileunca Pangalengan

Suhu udara di danau ini juga tidak kalah sejuk dengan situ Patenggang yang berada di daerah Ciwidey. 
Baca Juga : Wisata Situ Patenggang Ciwidey
Lokasi danau ini awalnya dibangun oleh pemerintahan Hindia Belanda pada masa penjajahan sekitar tahun 1918 yang berfungsi sebagai sarana tempat penyimpanan air dan sampai saat ini dikelola sebagai sarana wisata. Danau ini selain difungsikan sebagai area tempat wisata juga sebagai sarana Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA. Sampsai saat ini banyak orang yang mengganggap danau Cileunca ini sebagai sebuah tempat berwisata yang menyajikan suasana romantis, karena disini para pengunjung bisa merasakan naik perahu keliling danau sambil menikmati keindahan alam sekitarnya. Hal ini cukup didukung dengan dibangunnya sebuah jembatan pada tahun 2014 yang diberi nama jembatan cinta. Selain jembatan cinta tentunya banyak fasilitas menarik lainnya yang bisa anda nikmati di Situ Cileunca Danau Eksotis di Pangalengan Bandung, apa saja sih fasilitas lainnya tersebut ? Mari kita bahas berikutnya.

Fasilitas Situ Cileunca Pangalengan Bandung.

Jika melakukan kegiatan di lokasi wisata ini tentu anda tidak akan merasa jenuh karena berbagai macam fasilitas yang sudah disediakan di Situ Cileunca Pangalengan Bandung ini pasti membuat anda betah. Beberapa fasilitas di danau cileunca diantaranya sebagai berikut :
1. Jembatan Cinta
Jembatan ini dibangun pada tahun 2014 dan diberi cat warna pink ini sebetulnya berfungsi sebagai sarana untuk mempermudah transportasi antar desa yang ada disekitar sana. Akan tetapi karena dijembatani cinta ini merupakan spot yang menarik untuk melihat keindahan alam sekitar Situ Cileunca, maka banyak sekali pengunjung menghabiskan waktu berjam-jam di jembatan ini baik untuk sekedar melihat keindahan danau ataupun melakukan kegiatan foto-foto.
2. Naik Perahu Keliling Danau.
Di sini anda bisa menaiki perahu sambil keliling danau cileunca yang memiliki pemandangan sangat eksotis. Jika ingin mendapatkan suasana yang begitu romantis mungkin anda bisa mencoba naik perahu keliling Situ Cileunca bersama pasangan anda. Bisa juga jika ingin mengabadikan kenangan anda ditempat ini dengan berfoto diatas perahu.
3.Memancing Di Danau Cileunca.
Untuk anda yang g senang dengan kegiatan memancing, mungkin anda bisa memancing di tempat wisata ini sambil menikmati keindahannya. Kegiatan memancing tersebut bisa anda lakukan dipinggir danau ataupun dengan cara menyewa perahu penduduk sekitar dengan biaya kurang dari Rp 100.000, untuk penyewaan perahu tinggal anda tawar saja.
4. Memetik Strawberry
Diseberang danau juga terdapat kebun strawberry yang bisa anda kunjungi. Karena letak kebunnya yang berada di seberang situ Cileunca maka anda harus menyewa perahu penyeberangan dengan tarif Rp 7.500 rupiah perorang.
5. Arung Jeram.
Jika anda merupakan orang yang menyukai kegiatan menantang, mungkin anda bisa mencoba kegiatan arung jeram di sungai Palayangan yang akan berakhir di danau cileunca ini.
6. Penginapan atau resort.
Untuk memanjakan para pengunjung, lokasi wisata Situ Cileunca ini juga menyediakan fasilitas resort untuk tamu yang akan menginap. Resort yang disediakan juga cukup nyaman dan bersih.
7. Area Camping.
Terdapat banyak sekali area tempat camping atau berkemah yang tidak kalah menarik dengan tempat wisata Kampung Cai Ranca Upas.
Baca Juga : Lokasi Wisata Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey Bandung.
Lokasi tempat camping yang ada dipinggir danau cileunca yang dikelola oleh warga sekitar. Anda tinggal pilih saja area camping yang memiliki view paling bagus menurut anda.
8. Toilet atau WC Umum.
Sudah terdapat toilet atau WC Umum yang cukup bersih bagi para pengunjung situ cileunca. Anda tinggal memanfaatkan sebaik-baiknya.
9. Parkir kendaraan.
Untuk parkir kendaraan di situ cileunca sudah tersedia baik untuk kendaraan roda empat dan juga roda dua, tempat parkirnya juga cukup luas dan terdapat juru parkir yang akan membantu anda saat memarkirkan kendaraan.
10. Sepeda Air.
Selain perahu terdapat juga wahana permainan sepeda air di danau cileunca ini, anda bisa berkeliling danau situ cileunca dengan menyewa sepeda air tersebut.
Diatas adalah sedikit informasi mengenai fasilitas situ cileunca danau eksotis di Pangalengan Bandung, masih banyak fasilitas lainnya.

Alamat Situ Cileunca Pangalengan Bandung.

Letak atau alamat dari lokasi wisata situ cileunca ini didaerah Bandung Selatan tepatnya di Pangalengan. Kawasan Pangalengan ini terkenal memiliki banyak tempat wisata berupa danau seperti situ cipanunjang, situ gede, situ cicoledas, dan masih banyak lainnya. Dari sekian banyaknya situ/danau, yang paling terkenal disana adalah Situ Cileunca yang berada di kecamatan Pangalengan kabupaten Bandung. Berikut kami lampirkan peta Google Maps situ Cileunca Pangalengan.


Rute Jalan ke Situ Cileunca Pangalengan.

Untuk rute jalan yang bisa anda gunakan untuk menuju ke Situ Cileunca Danau Eksotis di Pangalengan ini cukup mudah . Rute jalan paling mudah adalah melalui keluar gerbang tol Moh Toha . Setelah keluar tol Moh Toha kita bisa mengambil arah ke kanan ( kearah Dayeuh kolot ) setelah sampai pertigaan Dayeuh kolot anda berbelok kanan menuju ke Banjaran - pamengpeuk - setelah sampai pertigaan melewati pasar Banjaran,anda harus berbelok kiri menuju Pangalengan - karena jika lurus itu menuju Ciwidey/Soreang. Setelah sampai dijalan menuju Pangalengan anda akan ketemu lagi pertigaan, dipertigaan tersebut anda harus belok kanan menuju situ Cileunca, karena jika belok kiri akan kearah Pangalengan kota dan jika lurus merupakan jalan alternatif ke Garut via pangalengan. Setelah berbelok kanan anda akan sampai di lokasi wisata situ cileunca Pangalengan.

Harga Tiket Masuk Situ Cileunca Pangalengan.

Untuk harga tiket masuk ke lokasi wisata situ Cileunca ini tergolong sangat murah. Berikut beberapa perincian tiket yang kami ketahui diantaranya: 
- untuk harga tiket masuk Rp 7.000 perorang.
- harga parkir motor Rp 5.000 parkir mobil Rp 10.000.
- sewa perahu untuk menyeberang danau Rp 7.500 perorang. Untuk satu perahu bisa memuat 10 orang.
Bagaimana menurut anda ? Sangat murahkan tiket masuk ke situ cileunca Bandung 

Tips wisata ke situ cileunca Pangalengan.

Jika ingin berwisata ke situ cileunca ini, ada beberapa tips yang bisa kami bagikan diantaranya : 
- jangan perjalanan menuju lokasi wisata danau cileunca sebaiknya jangan terlalu ngebut karena kondisi jalan memang sudah bagus tetapi banyak tikungan tajam.
- sebaiknya jika menaiki perahu saat siang hari gunakanlah Sunblock supaya kulit tidak hitam.
- jika membawa anak sebaiknya dalam pengawasan orang tua, jangan biarkan anak bermain dipinggir danau karena tidak ada pembatas atau pagar pelindung.
Sekian informasi yang bisa kami bagikan mengenai Situ Cileunca danau eksotis di Pangalengan Bandung. Selamat berlibur.



Posting Komentar