Minggu, 28 Mei 2017

Lokasi Wisata Kawah Putih Ciwidey

Lokasi Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung.

Salah satu kawah yang banyak dikunjungi para wisatawan yang melakukan kegiatan wisata di Bandung adalah kawah putih yang terletak di daerah Ciwidey. Lokasi wisata kawah putih ini merupakan salah satu tempat wisata alam yang paling banyak dikunjungi setelah Gunung Tangkuban Perahu. Kawah putih ini terletak di gunung Patuha dengan ketinggian 2090 meter dibawah permukaan laut.

Baca Juga : Wisata Gunung Tangkuban Perahu Bandung
Tempat wisata di daerah Ciwidey ini merupakan sebuah danau belerang yang sangat luas dan salah satu keunikannya adalah kondisi air di danau tersebut selalu terlihat berubah-ubah warna, hal tersebut dikarenakan kondisi dari kadar belerangnya yang tidak menentu.

Kawah Putih Bandung
Kawah Putih Ciwidey

Ada dua warna dominan yang paling sering terlihat pada danau belerang di kawah ini yaitu kehijauan dan juga kadang kebiruan. Alamat dari kawah putih Ciwidey ini ada di jl.soreang-ciwidey km.25, Ciwidey , kabupaten Bandung - Jawa Barat. Karena letaknya yang berada di puncak tertinggi gunung Patuha maka lokasi wisata ini memiliki suhu udara yang sangat dingin, dinginnya suhu di kawah putih ini bisa mencapai 5 °C. Selain danau belerangnya yang indah, tempat wisata ini juga memiliki tebing-tebing bebatuan yang ditumbuhi oleh pepohonan hijau yang menambah keindahan kawah putih, hanya saja terkadang banyak kabut tebal sehingga tebing bebatuan yang indah tersebut sering tertutup kabut.

Harga Tiket Masuk Wisata Kawah Putih Bandung.

Untuk masuk ke lokasi wisata kawah putih Ciwidey ini anda diwajibkan untuk membayar tiket masuk seharga Rp 18.000/orang. Harga parkirnya juga berbeda , untuk parkir kendaraan di kawah putih ini dibagi dua golongan yaitu parkir bawah dan parkir atas. Yang dimaksudkan dengan parkir bawah adalah tempat parkir yang berada didekat gerbang masuk ke tempat wisata. Kalau menggunakan parkir bawah berarti anda harus menggunakan fasilitas dari pengelola wisata kawah putih yaitu ontang-anting untuk menuju keatas atau danau belerang kawah putih. Perlu anda ketahui bahwa lokasi danau belerang dari gerbang masuk tempat wisata ini adalah sekitar kurang lebih 6 km. Sedangkan yang dimaksud dengan parkir atas yaitu anda bisa membawa kendaraan pribadi anda sampai keatas dekat dengan danau belerang kawah putih Ciwidey. Akan tetapi tarif atas ini cukup mahal , saran saya jika anda datang beramai-ramai sebaiknya menggunakan parkir atas karena biaya parkirnya khan bisa patungan, dari pada naik ontang-anting beramaian khan hampir sama saja biaya yang dikeluarkan. Berikut kami lampirkan biaya parkir lengkapnya :
- Parkir Bawah (mobil) : Rp 6.000,-
- Parkir Bawah (motor): Rp 5.000,-
- Parkir Bawah ( Bus )  : Rp 25.000,-
- Parkir Atas ( Mobil )   : Rp 150.000,-
- Parkir Atas ( Motor )  : Rp 35.000,-
- Ontang-anting             : Rp 13.000,-
Berikut diatas adalah biaya tarif untuk masuk ke lokasi wisata kawah putih Ciwidey, anda tiket perlu kaget dengan biaya parkirnya khan bisa ditanggung bersama.

Rute jalan ke kawah putih Ciwidey.

Untuk anda yang akan ke lokasi wisata Ciwidey cukup mudah karena sudah banyak sekali papan petunjuk jalan yang menuju ke kawah putih. Berikut rute yang bisa anda gunakan jika akan ke tempat wisata satu ini diantaranya :
- jika menggunakan kendaraan pribadi bisa keluar di gerbang tol Kopo lalu berbelok kanan kearah soreang, setelah itu anda tinggal lurus terus saja rute yang akan anda lewati sepanjang jalan tersebut diantaranya Kopo - Soreang - Ciwidey , lokasi kawah putih berada 6 km sebelum tempat wisata Kampung Cai Ranca Upas.
Baca Juga : Wisata Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey
- jika menggunakan kendaraan umum maka patokannya adalah dari terminal Leuwipanjang Bandung, jadi jika anda merupakan warga diluar kota Bandung bisa terlebih dahulu mencari kendaraan umum yang menuju ke Leuwipanjang. Dari terminal leuwipanjang ke lokasi wisata kawah putih terlebih dahulu anda harus naik mini bus terlebih dahulu ke terminal Ciwidey, setelah diterminal Ciwidey anda baru pindah menggunakan angkutan kota yang menuju ke daerah Patenggang yang otomatis melewati tempat wisata kawah putih. Jika anda masih binggung ya pakai saja google maps dibawah ini .


Fasilitas di kawah putih Ciwidey.

Karena tempat wisata kawah putih Ciwidey ini sudah beroperasi cukup lama tentunya fasilitas pendukung pun sudah lengkap diantaranya :
- toilet yang sudah tersedia bagi para pengunjung.
- sarana tempat ibadah yang sudah cukup layak.
- lokasi parkir kendaraan yang cukup luas.
- tempat berjualan makanan dan minuman seperti bakso, jagung bakar, es kelapa dan masih banyak lainnya.
- penginapan , untuk penginapan langsung di didalam kawasan wisata kawah putih belum tersedia , solusinya anda bisa bermalam di villa atau hotel di daerah Ciwidey.
- tempat istirahat , letak tempat istirahat ini adanya di atas sebelum anda turun ke area danau belerang kawah putih.
Diatas tersebut adalah beberapa fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak pengelola wisata kawah putih, silahkan dimanfaatkan sebaik-baiknya dan jangan dirusak.

Tips wisata ke kawah putih Ciwidey.

beberapa tips yang bisa kami sampaikan jika anda ingin mengisi liburan anda ke lokasi wisata kawah putih ciwidey bandung diantaranya sebagai berikut :
- Karena suhu udara di kawah putih ini sangat dingin maka sebaiknya anda membawa jaket dan menggunakan celana panjang serta sepatu, kalau perlu bawa sarung tangan.
- bau belerang di kawah putih sangat menyengat jadi sebaiknya anda menggunakan masker karena jika kita menghirup belerang dalam jangka waktu yang lama dikhawatirkan bisa mengganggu organ pernafasan kita, solusinya anda bisa naik dulu keatas danau belerang untuk istirahat sebentar lalu kembali lagi ke area danau belerang.
- Jika perlu bawa makanan dan minuman sebelum berangkat karena biasanya harga makanan dan minuman di tiap tempat wisata cenderung jauh lebih mahal.
- walaupun suhu udara dingin karena diatas gunung makan otomatis sinar matahari tetap saja sangat menyengat, maka ada baiknya jika anda menggunakan Sunblock.
- jika menggunakan kendaraan pribadi untuk naik keatas atau dekat danau belerang kawah putih sebaiknya periksa dulu kondisi kendaraan anda. Pastikan kendaraan anda prima karena rute dari gerbang masuk tempat wisata ke kawah belerang ini sangat menanjak sekali walaupun kondisi jalan sekarang sudah bagus ( dulu jelek jalannya ). 
- jika rombongan anda sedikit sebaiknya gunakan parkir bawah dan gunakan ontang-anting untuk naik keatas kawah belerang supaya lebih hemat biaya.
Sekian informasi yang bisa kami bagikan mengenai lokasi wisata kawah putih Ciwidey Bandung. Selamat berlibur .

0 komentar: