Rabu, 24 Mei 2017

Lokasi Wisata Kampung Cai Ranca Upas

Lokasi Wisata Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey.

Kampung Cai ini merupakan salah satu tempat wisata alam terbuka yang berada di Bandung Selatan dengan luas wilayah sekitar 215 hektar dan area tersebut difungsikan sebagai konservasi beberapa tumbuhan dan juga hewan. Saat ini orang lebih mengenai Ranca Upas ini sebagai lokasi camping, padahal masih masih banyak fasilitas wisata lainnya. Lokasi Wisata Kampung Cai Ranca Upas ini terletak di jl.ciwidey-patengan km.11, Patengan-Rancabali , Bandung. Lokasi Kampung Cai Ranca Upas ini berada di ketinggian 1700 diatas permukaan laut sehingga kondisi udara dialam terbuka ini menjadi sangat dingin dan sejuk , bahkan di Ranca Upas ini para pengunjung bisa merasakan suhu yang super dingin hingga mencapai temperatur 0 °C jika melakukan kegiatan camping di malam hari.

Kampung Cai Ranca Upas Bandung
Kampung Cai Ranca Upas 

Selain fasilitas wisata lainnya yang nanti akan kita bahas , di Kampung Cai Ranca Upas ini terdapat area penangkaran hewan rusa yang menjadi daya tarik para pengunjung. Di tempat penangkaran rusa ini para pengunjung bisa merasakan langsung berinteraksi dengan rusa seperti memegangnya dan juga memberi makan para rusa tersebut. Lokasi penangkaran rusa di Ranca Upas ini juga merupakan salah satu tempat favorit yang sering dijadikan sesi pemotretan foto prawedding bagi pasangan yang akan melakukan pernikahan dengan biaya Rp 350.000,- karena lokasi alamnya yang sangat indah. Kalau sudah banyak yang melakukan sesi pemotretan berarti kondisi alam di lokasi wisata ini tentu sangat indah.

Fasilitas di Lokasi Wisata Kampung Cai Ranca Upas .

Semakin banyak saja fasilitas yang ditawarkan oleh pengelola wisata Kampung Cai Ranca Upas Bandung diantaranya seperti : 
- Area Camping Ranca Upas Adventure Camp.
Lokasi camping di Ranca Upas ini sangat luas sekali, konon menurut informasi dari petugas disana bisa memuat sampai dengan 10.000 orang. Jika kita sebagai orang yang hobby camping maka kita bisa merasakan sensasi camping di alam terbuka dengan suhu udara yang sangat dingin sambil menikmati pemandangan alam sekitarnya yang begitu indah.
- Kolam Air Panas yang lengkap dengan Waterboom.
Di Ranca Upas ini juga memiliki fasilitas tempat pemandian air panas ( sama seperti di lokasi wisata Ciater Subang ) yang sudah dilengkapi dengan waterboom. Jika merasa kedinginan di lokasi wisata ini , kita bisa mencoba berendam di kolam pemandian air panas untuk menghangatkan tubuh kita.
Baca Juga : Lokasi Wisata Ciater Subang
- Berbagai Wahana Permainan di Kampung Cai Ranca Upas.
Untuk memanjakan para pengunjung Kampung Cai Ranca Upas juga menyediakan berbagai wahana permainan seperti flying fox , ATV , arena dayung perahu kano , Out Bond , Paintball , Sepeda , Buggle Trampolin , Jembatan Goyang dan masih banyak lainnya.
- Penangkaran Rusa.
Penangkaran rusa ini adalah favorit para pengunjung di Ranca Upas , disini kita bisa memberi makan rusa. Makanan untuk rusa di Kampung Cai ini adalah wortel yang bisa kita beli di area penangkaran rusa dengan harga Rp 10.000.- . Tempat jualan wortelnya juga gak ada petugas jaganya, kita tinggal taruh saja uang di kotak lalu mengambil seplastik wortel, mungkin seperti inilah kita diajak untuk menjadi orang jujur. Untuk fasilitas umum seperti toilet , parkir dan tempat ibadah juga sudah tersedia. Untuk tempat berjualan makanan dan minuman juga sudah banyak. Diatas adalah beberapa fasilitas yang ada di lokasi wisata Kampung Cai Ranca Upas Bandung. 

Rute Jalan ke lokasi wisata Kampung Cai Ranca Upas.

Jika  ingin ke Kampung Cai Ranca Upas ini rute jalannya tidak ribet kok alias mudah, kita tinggal keluar saja di gerbang tol Kopo lalu berbelok kanan mengambil arah ke Soreang. Setelah belok kanan kita tinggal lurus terus saja kurang lebih jalurnya sebagai berikut : Kopo - Kopo Sayati - Kopo Cilampeni - Kopo Katapang - Soreang - Ciwidey - Wisata Kawah Putih - Ranca Upas. Kita tidak perlu kuatir kesasar karena sudah banyak sekali papan petunjuk jalan. Jika anda ingin melihat peta lokasi wisata Kampung Cai Ranca Upas ( peta diambil dari google maps ) akan kami sertakan dibawah ini.
Baca Juga : Wisata Kawah Putih Ciwidey 


Tiket Masuk Lokasi Wisata Kampung Cai Ranca Upas Bandung .

Untuk harga tiket masuk ke lokasi Ranca Upas ini tidak terlalu mahal dan masih sangat terjangkau. Berikut kami lampirkan beberapa perincian harga tiket di lokasi wisata.
- Tiket Masuk Perorang : Rp 10.000,-
- Parkir Motor : Rp 2.000,-
- Parkir Mobil : Rp 5.000,-
- Parkir Bus. : Rp 20.000,-
- Kolam Renang : Rp 15.000,-
- Flying Fox : Rp 15.000,-
- Elvis Bridge : Rp 15.000,-
- Jembatan Goyang : Rp 15.000,-
- Paintball  : Rp 90.000,-
- Fun Games : Rp 47.000,-
- Sewa Sepeda : Rp 10.000/jam
- Trampolin : Rp 15.000,-
Sedangkan untuk paket camping biayanya berbeda , berikut rinciannya : 
- Bookingan Area : Rp 500.000,-
- Tenda Pleton ( 40 orang ) : Rp 600.000,-
- Tenda Regu ( 20 orang ) : Rp 350.000,-
- Tenda Charly ( 2-3 orang ) : Rp 150.000,-
- Tenda Charly ( 4-7 orang ) : Rp 300.000,-
- Tenda Roopi (10-12 orang) : Rp 350.000,-
- Matras : Rp 10.000,-
- Ekstra Bad : Rp 70.000,-
- Sleeping Bad : Rp 20.000,-
- Kayu Bakar : Rp 15.000,-
Diatas adalah beberapa info tiket di lokasi wisata Kampung Cai Ranca Upas .

Tips di lokasi wisata Kampung Cai Ranca Upas.

Untuk beberapa tips yang bisa kami bagikan untuk yang ingin berwisata ke Kampung Cai Ranca Upas sebagai berikut :
- Sebaiknya kita tetap berangkat lebih awal atau lebih pagi walaupun lokasi wisata Ranca Upas ini buka 24 jam tujuannya adalah untuk menghindari sedikit kemacetan di jalan kopo, karena biasanya daerah Kopo agak sering macet.
- Jika ingin camping sebaiknya membawa senter , karena disana tidak ada senter yang disewakan disana adalah lampu petromax, masa kalo gelap bawa lampu petromax khan ribet.
- Kalau tidak mau kedinginan sewaktu tidur saat camping sebaiknya kita menyewa Sleeping Bag.
- Persiapkan uang tunai yang cukup karena di lokasi wisata Ranca Upas tidak ada ATM.
- Jika perlu bawa obat-obatan , makanan dan minuman untuk keperluan camping supaya lebih hemat.
Sekian informasi yang bisa kami bagikan mengenai lokasi wisata Kampung Cai Ranca Upas Bandung , selamat berlibur..

0 komentar: