Selasa, 20 Juni 2017

Air Terjun Pelangi atau Curug Cimahi Bandung

Air Terjun Pelangi atau Curug Cimahi.

Salah satu lokasi wisata yang bisa anda kunjungi untuk mengisi liburan anda adalah air terjun pelangi atau Curug Cimahi. Mungkin bagi sebagian orang nama air terjun pelangi ini terdengar masih asing, bahkan ada yang menyangka kalau tempat ini merupakan wisata baru didaerah Bandung. Perlu para pembaca ketahui air terjun ini bukanlah tempat baru tetapi sudah ada sejak lama, dulunya wisata ini dinamakan Curug Cimahi . Hanya karena saat masih dinamakan Curug Cimahi masih sedikit pengunjung yang mendatangi tempat wisata ini, tetapi para beberapa tahun belakangan ini pihak pengelola melakukan sedikit renovasi dengan menambahkan sedikit lampu pada pancuran air terjun sehingga lampu yang menyala tersebut memberikan efek yang sangat indah. Karena air terjun yang sudah sedikit direnovasi ini, banyak sekali para pengunjung yang berfoto di air terjun atau Curug tersebut dan memposting ke sosial media. Karena banyaknya orang yang melihat postingan mengenai keindahan air terjun pelangi atau Curug Cimahi , sehingga tempat wisata ini pun menjadi favorit bagi sebagian orang. Apakah anda penasaran dan ingin mengunjungi Curug dengan tampilan baru ini ?.

Air terjun pelangi atau Curug Cimahi bandung
Air Terjun Pelangi/Curug Cimahi

Jika kita lihat air terjun pelangi ini menyala dengan lampu berbagai warna, memang jarang sekali ada inovasi air terjun seperti ini. Pada saat tertentu Curug yang memiliki pancuran air yang cukup deras ini warnanya akan berubah setiap saat. Terlebih jika dimalam hari warna pada air tersebut akan lebih terlihat. Banyak sekali para pengunjung yang sengaja datang untuk menikmati Curug pelangi ini saat sore menjelang malam hanya karena ingin mendapatkan foto dengan view air terjun yang menyala ini. Beginilah kondisi air terjun Curug pelangi atau Curug Cimahi di saat malam hari.

Lampu air terjun pelangi atau Curug cimahi

Air terjun pelangi saat malam hari

Lokasi Air Terjun Pelangi atau Curug Cimahi Bandung.

Lokasi wisata Curug pelangi atau Curug Cimahi ini sangat dekat dengan tempat wisata dusun bambu lembang, jaraknya kurang lebih sekitar 2 km. Banyak para pengunjung yang sengaja berkunjung ke tempat wisata lain disekitar Curug tersebut dan ketika sore menjelang malam barulah mereka datang ke Curug Pelangi ini.
Baca Juga : Lokasi Wisata Dusun Bambu Lembang Bandung.
Lokasi atau alamat Curug Cimahi ini di jl.kolonel masturi no.325, Cihanjuang Rahayu, Parongpong- kabupaten Bandung barat . Setelah di renovasi, tempat wisata Curug Cimahi saat ini memiliki fasilitas yang sudah sangat baik seperti adanya tempat berjalan untuk mendekati air terjun sudah berupa anak tangga dan juga sudah terdapat dek atau tempat khusus untuk melihat air terjun dari atas ketinggian. Lokasi wisata air terjun pelangi ini juga memiliki suhu udara yang sejuk karena dikelilingi oleh pepohonan rimbun, jadi sangat asik juga untuk bersantai dan menghirup udara sambil menikmati keindahan air terjun.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Pelangi atau Curug Cimahi.

Untuk mengunjungi Curug Cimahi ini pada siang hari harga tiketnya adalah Rp 12.000/orang dan ketika anda masuk diatas jam 17.00 harga tiketnya berubah menjadi Rp 15.000/orang ( kok bisa berbeda ya, mungkin kalau malam namanya berubah menjadi Air Terjun Pelangi ). Lokasi wisata ini mulai dibuka pagi hari jam 08.00 dan tutup jam 21.00 malam hari. Untuk parkir kendaraan motor cukup murah Rp 5.000 dan mobil Rp 10.000 saja.

Rute Jalan ke Air Terjun Pelangi atau Curug Cimahi.

Untuk menuju ke lokasi wisata Curug Pelangi ini masih sejalur dengan ke tempat wisata dan kuliner Kampung Daun Bandung. Rute jalan yang bisa kita gunakan jika dari arah Jakarta keluar saja di gerbang tol Pasteur lalu mengambil arah ke Mall Paris Van Java - Terus ke Jl.Setiabudi - setelah sampai terminal ledeng kita harus belok kiri ke arah parongpong atau jl.kolonel masturi , sepanjang jalan itu kita akan melewati beberapa tempat wisata seperti kampung gajah, kampung daun, sapu lidi dan tinggal ikuti saja papan petunjuk jalan menuju Curug Cimahi.
Baca Juga : Wisata Kampung Daun Bandung.
Supaya mempermudah, anda bisa lihat dulu peta lokasi Air Terjun Pelangi atau Curug Cimahi pada google maps dibawah ini .

Fasilitas di Air Terjun Pelangi atau Curug Cimahi.

Banyak sekali fasilitas yang berubah setelah mengalami renovasi pada tempat wisata air terjun pelangi atau Curug Cimahi ini, beberapa fasilitas yang ada di tempat wisata ini diantaranya sebagai berikut.
- Lokasi Parkir.
Untuk area parkir saat sekarang ini sudah sangat luas dan juga bersih, tersedia juga tempat untuk parkir bus, mobil dan motor.
- Tempat Ibadah.
Tempat ibadah atau mushola sudah dibangun di dekat air terjun pelangi atau Curug Cimahi.
- Dek tempat melihat air terjun dari atas.
Dulunya fasilitas satu ini belum tersedia, setelah renovasi dibuatlah dek atau tempat khusus yang bisa kita gunakan untuk melihat air terjun pelangi atau Curug Cimahi ini dari atas ketinggian. Dek ini juga disediakan tempat duduk yang berfungsi sebagai tempat istirahat pengunjung.

Dek tempat lihat air terjun pelangi atau Curug cimahi
Tempat lihat air terjun dari ketinggian.

- Tempat jualan makanan dan minuman.
Tersedia juga tempat menjual makanan dan juga minuman serta Souvenir.
- Penginapan.
Untuk fasilitas penginapan saat ini dilokasi wisata Curug Cimahi ini belum tersedia, tetapi alternatif jika ingin menginap anda bisa menyewa villa didekat sana, karena disepanjang jalan tersebut banyak fasilitas penginapan yang bisa disewa.
Diatas adalah beberapa fasilitas yang sudah lengkap di air terjun pelangi atau Curug Cimahi Lembang Bandung.

Tips mengunjungi air terjun pelangi atau Curug Cimahi.

Untuk anda yang punya keinginan untuk ke lokasi wisata air terjun pelangi atau Curug Cimahi ini, ada beberapa tips yang akan kami bagikan diantaranya:
- disepanjang jalan menuju curug pelangi atau Curug Cimahi ini banyak tempat wisata lain yang bisa anda kunjungi sekaligus.
- Saat paling tepat untuk mengunjungi air terjun pelangi ini adalah sore menjelang malam karena lampu yang terdapat pada pancuran airnya akan terlihat sangat jelas, sebaiknya pagi atau siang anda terlebih dahulu mengunjungi wisata lain disekitar sana.
- jika berwisata kesana saat malam hari sebaiknya membawa baju hangat karena suhu udara sangat dingin.
- Jangan lupa membawa kamera supaya tidak kehilangan moment berharga saat mengunjungi air terjun pelangi atau Curug Cimahi tersebut.
Sekian informasi yang bisa kami bagikan mengenai air terjun yang ada di daerah Lembang, Bandung ini. Selamat berlibur.

0 komentar: