Selasa, 20 Juni 2017

Menikmati Ketinggian Tebing Gunung Hawu Padalarang Bandung

Tebing Gunung Hawu Padalarang.

Untuk anda pecinta gunung ada satu lokasi wisata yang asik dan perlu anda coba yaitu Tebing Gunung Hawu Padalarang Bandung, jangan sebut kalian anak gunung kalau belum mencoba tempat wisata ini. Mengapa gunung ini diberi nama Hawu ? Dalam bahasa sunda Hawu itu artinya Tungku ( alat memasak jaman dahulu kala ), jadi gunung ini disebut gunung Hawu karena di tengahnya terdapat sebuah lubang sehingga mirip seperti tungku. 

lokasi wisata tebing gunung hawu
Tebing Gunung Hawu Padalarang

Tebing Gunung Hawu ini sangat digemari para pendaki gunung sebagai tempat yang bisa mereka gunakan untuk memacu adrenalin. Cara untuk memacu adrenalin Anda di gunung ini adalah dengan bermain Hammock. Hammock adalah sebuah kain yang diikatkan tali pada kedua ujungnya dan dibentangkan membentuk ayunan. Di tebing ini Hammock dipasangkan pada dua tebing yang tinggi dan anda harus duduk atau bisa juga tiduran diatas Hammock tersebut. 

main hammock di tebing gunung hawu
Main Hammock di Gunung Hawu

Untuk anda yang baru mencoba permainan Hammock di tebing gunung hawu ini pasti awalnya akan merasa takut karena ketinggian tebing ini mencapai 125 meter. Selain itu untuk menaiki hammocknya saja kita harus bergelantungan terlebih dahulu, sungguh tidak mudah. Apakah anda mau mencoba menikmati ketinggian tebing gunung hawu ini dengan bermain Hammock ? 

Lokasi tebing gunung hawu .

Tebing gunung hawu ini merupakan sebuah pegunungan kapur yang menjulang tinggi dibalik tebing Citatah 125, sering juga masyarakat sekitar menyebutnya dengan tebing 125 Padalarang. Lokasi wisata tebing gunung hawu ini terletak diantara dua perkampungan yaitu kampung Pamucatan dan kampung Cidadap, tetapi secara administratif lokasinya ada di kampung Pamucatan, desa Padalarang , kecamatan Padalarang - kabupaten Bandung barat. Tempat wisata ini sangat dengan dengan Stone Garden Geo Park.
Baca Juga : Stone Garden Geo Park Padalarang.
Selain menikmati permainan yang memacu adrenalin di gunung Hawu ini juga merupakan tempat yang asik untuk melihat matahari terbit dan tenggelam dari atas ketinggian. Salah satu fenomena yang jarang bisa anda lihat adalah ketika sinar matahari terbenam menembus lubang yang ada pada gunung hawu, suatu pemandangan indah yang luar biasa. Jika ingin mengetahui letak lokasi wisata tebing gunung hawu para pembaca bisa lihat peta Google Maps dibawah ini.

Rute Jalan ke Lokasi Tebing Gunung Hawu.

Untuk rute jalan yang bisa anda gunakan jika akan menuju ke tebing gunung hawu ini adalah sebagai berikut:
- jika menggunakan kendaraan pribadi anda bisa keluar di gerbang tol Padalarang lalu berbelok kanan mengambil rute arah ke Cianjur, tetapi anda tidak bisa langsung berbelok kanan tetapi harus lurus masuk ke perumahan kota baru Parahyangan lalu keluar lagi perumahan terus belok kiri ( hanya berputar ). Setelah itu anda tinggal ikuti saja papan petunjuk jalan menuju tempat wisata Stone Garden Geo Park karena letak gunung Hawu ini tidak jauh dari sana.
- jika menggunakan angkutan umum untuk ke tebing gunung hawu, anda bisa dari Bandung menggunakan bus yang rutenya ke arah Cianjur atau puncak lalu turun di parapatan Arab atau Tagog , setelah itu dilanjutkan kendaraan umum menuju ke arah Cipatat. Setelah itu anda bisa menggunakan jasa ojek untuk naik ke gunung Hawu.

Fasilitas permainan di tebing gunung hawu Bandung.

Di lokasi wisata tebing gunung hawu ini terdapat beberapa fasilitas permainan yang cukup menegangkan diantaranya seperti :
- Space Net : space net ini adalah permainan yang dipasang pada tebing gunung hawu berupa jaring untuk kita melompat atau sekedar berfoto diatas atau diantara kedua tebing .
- Sepeda Gila : sepeda gila ini hampir sama dengan yang ada di wisata The Lodge Maribaya , yaitu bersepeda diatas seutas tali tetapi di gunung Hawu ini jelas lebih tinggi.
Baca Juga : The Lodge Maribaya Lembang.
-  Rapling : ini adalah menuruni tebing yang sangat tinggi hanya menggunakan seutas tali.
- Hammock : ini adalah permainan sehelai kain yang dipasang tali dan kain tersebut dipasang diantara kedua tebing tinggi dan anda harus duduk atau tidur dilain tersebut.
Itulah beberapa fasilitas permainan di tebing gunung hawu, tentunya anda tidak perlu takut untuk mencoba wahana tersebut karena sudah dilengkapi dengan alat pengaman dan juga terdapat instruktur yang profesional di bidang tersebut.

Tips untuk ke wisata tebing gunung Hawu Padalarang.

Jika ingin mengunjungi tebing gunung Hawu ini , ada beberapa tips yang akan kami bagikan diantaranya : 
- jika menggunakan kendaraan motor ketika memasuki areal tambang batu didekat gunung Hawu sebaiknya gunakan masker karena sekitar sana sangat berdebu karena banyak truk pengangkut batu kapur.
- sebaiknya gunakan sepatu supaya nyaman saat berjalan, lagian kondisi jalan saat pendakian sangat berbatu.
- saat hujan sebaiknya lebih berhati-hati saat berjalan karena licin.
- jika saat hujan dan banyak petir sebaiknya jangan memaksakan untuk naik ke gunung Hawu karena cukup berbahaya.
Sekian informasi yang bisa kami bagikan mengenai lokasi wisata tebing gunung hawu Padalarang Bandung,selamat berlibur.

0 komentar: