Senin, 19 Desember 2016

Gathering CAMTOP INSTITUTE OF BUSINESS & TECHNOLOGY

CAMTOP INSTITUTE OF BUSINESS & TECHNOLOGY Sebuah perusahaan ternama di Malaisya yang di dirikan sejak tahun 2015 telah selesai melaksanakan Family Gathering di Garut dengan kembali memakai jasa HDG Team (Trip Planner & Event Organizer) sebagai pendamping wisata mereka di Garut.

Pendampingan wisata kali ini lumayan berbeda dari biasanya, karena yang kami dampingi bukan seperti biasanya yang merupakan warga Indonesia melainkan warga Malaisya. Bahasa yang mereka gunakan pun memang tidak berbeda jauh seperti di Indonesia (Indonesia Mendayu - Dayu), namun karena hari pertama gathering kami belum terbiasa makanya kami lumayan bingung saat berbicara ... hehe.

Gunung Papandayan Garut

Gathering CAMTOP INSTITUTE OF BUSINESS & TECHNOLOGY

Gathering ini dilakukan selama 3 hari 2 malam dari tanggal 17 - 20 Desember 2016 dengan memilih penginapan Hotel Antralina dan Banyu Alam sebagai tempat beristirahatnya. Berikut ini cerita serunya mengenai Gathering tersebut.

Tiba di Candi Cangkuang Garut

Cerita ini saya mulai ketika para peserta gathering tiba di Objek Wisata Candi Cangkuang Garut. Setibanya disana para peserta Gathering dari Malaisya langsung dipandu oleh Guide Candi Cangkuang untuk langsung mengunjungi Candi.

Disela - sela perjalanan guide tersebut sedikit menjelaskan tentang objek wisata tersebut dengan menggunakan B. Inggris karena para tamu gathering sangat terbiasa menggunakan bahasa inggris untuk memudahkan percakapan mereka.

Dari lokasi parkir kami mulai memasuki tiket masuk dan melewati Situ Cangkuang yang mana untuk bisa mengunjungi objek wisata Candi Cangkuang, kami semua harus melewati situ tersebut dengan menggunakan rakit. Sambil melewati situ tersebut kami ditemani dengan alunan musik dari para pengamen situ dan para peserta begitu terlihat menikmati indahnya pemandangan situ tersebut dengan alunan - alunan musik.

Seperti biasa setelah melewati situ, rombongan tamu juga melewati Rumah Adat Kampung Pulo. Disini para peserta banyak bertanya tentang sejarah dan juga asal mula terbentuknya kampung adat ini. Selesai melewati kampung tersebut mereka langsung disuguhkan dengan objek wisata candi yang menjadi pusat tujuan kami yaitu Candi Cankuang. Tak mau melewatkan moment tersebut para peserta langsung meminta team dari kami HDG Team untuk mengabadikan moment tersebut dengan berfoto selfie dan juga berfoto bersama.

Makan Siang di Rumah Makan Dapur Setia Kawan

Sepulang dari objek wisata Candi Cangkuang, kami langsung menuju ke Rumah Makan Dapur Setia Kawan untuk makan siang. Dengan suasana yang sejuk, kami memilih lokasi yang paling atas untuk menikmati santap makan siang tersebut. Dengan menu makan Nasi Liwet + Ayam Goreng para tamu dari Malaisya tersebut kelihatan lahap menyantap makanan khas Dapur Setia Kawan tersebut.

Berfoto selfie di rumah makan tersebut juga tak mereka lewatkan, apalagi melihat pemandangannya yang khas akan pedesaan yaitu adanya persawahan yang luas. Sebelum melanjutkan perjalanan , mereka beristirahat sejenak sambil menikati suasana sejuk Garut.

Wisata Kawah Kamojang

Setelah beristirahat sejenak kurang lebih 15 menit, perjalanan dilanjutkan dengan berwisata ke Objek Wisata Kawah Kamojang. Perjalanan pun kami tempuh selama kurang lebih 1 Jam perjalanan dari DSK.

Di Kawah Kamojang mereka langsung disuguhkan dengan beberapa kawah yang terkenal yaitu Kawah Kereta Api dan juga Kawah Hujan. Di Kawah Kereta api, kami kembali mengabadikan moment tersebut dengan berfoto bersama atau orang Malaisya biasa menyebutnya Grup Foto.

Selesai berfoto bersama sambil melihat - lihat uniknya kawah kereta api ini, saya langsung arahkan para peserta untuk melanjutkan perjalanan menuju ke Kawah Hujan yang disana mereka bisa melihat dan juga menikmati terapi dari cipratan air kawah yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti reumatik, asam urat, dan juga penyakit - penyakit kulit lainnya.

Selian menikmati terapi, disana juga rombongan dari Malaisya ini menikati telor rebus yang dimasak langsung dengan air kawah tersebut. Hal tersebut menurut saya sangat unik dan tentu saya tidak melewatkan hal tersebut untuk mengabadikannya.

Wisata Ke Kebun Mawar Situhapa

Sekitar 1 jam kami melakukan wisata ke kawah kamojang, perjalanan kami lanjutkan dengan berwisata ke Objek Wisata Kebun Mawar Situhapa. Wisata kali ini sebenarnya sangat cocok bagi yang suka berfoto selfie atau berfoto bersama pasangan di area kebun mawah yang sangat luas.

Wisata di Kebun Mawah ini kami habiskan dengan berfoto berbagai gaya. Sedikit saya bertanya kepada mereka tentang bagaimana kesannya tentang objek - objek wisata yang ada di Garut, mereka menyebutkan bahwa objek - objek wisata yang ada di Garut sangat bagus - bagus dan juga keren dengan udara yang sangat sejuk dan menurut mereka Garut itu adalah tempat yang nyaman untuk berwisata.

Suatu kesan yang baik menurut saya bagi pariwisata Garut, karena mereka juga mengatakan bahwa akan mengajak dan juga membantu mempromosikan Garut ini kepada rekan - rekan mereka di Malaisya. Menurut saya itu adalah hal yang paling istimewa untuk menaikan kepariwisataan Garut.

Wisata ke Batik Garut

Memang hari pertama Gathering rondown kami buat dengan banyak berwisata sebelum chek in di hotel. Setelah tadi pergi ke Candi Cangkuang + Kawah Kamojang + Kebun Mawar di tambah lagi dengan berkunjung ke Wisata Batik Garut atau wisata ke batik abas Garut. Disana mereka diajak untuk melihat - lihat kain - kain batik khas Garut dimulai dari batik cup, batik tulis dan juga batik - batik garutan lainya.

Begitu terlihat, rombongan tamu dari Malisya ini kurang meminati untuk membeli batik tersebut, hanya saja mereka lebih tertarik untuk melihat proses pembuatannya. Karena batik abas ini memang menyediakan satu tempat untuk para wisatawan dapat melihat langsung proses pembuatan batik tersebut.

Makan di Rumah Makan Cibiuk

Sepulang dari Wisata Batik Garut, para peserta Family Gathering Cam Top Malasya diajak kembali makan di Rumah Makan Cibiuk dengan menu Nasi Liwet + Gepuk. Menurut saya rumah makan ini memang cukup bagus, namun pelayanannya yang kurang baik menurut saya.

Perjalanan Menuju Hotel Antralina

Dari rumah makan Cibiuk kami langsung menuju ke hotel yang menjadi tempat menginap para peserta family gathering yaitu Hotel Antralina. Lokasinya tidak begitu jauh dari rumah makan cibuk. Hanya berjarak kurang lebih 10 menit perjalanan dari lokasi rumah makan cibiuk.
Hotel Antralina ini berlokasi di Alamat: Jl. Raya Cipanas No.150, Cimanganten, Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151. Namun sayangnya hotel ini kurang baik menurut saya karena selain tidak adanya air dingin yang bisa dipakai untuk mandi, pelayanannyapun kurang baik menurut saya. Makanya dari itu para tamu dari Malaisya minta hari kedua untuk pindah hotel ke Banyu alam.
Gathering hari pertama dari Cam Top Malaisya ini berakhir dengan beristirahat di hotel antralina.