Purchasing Code

Jumat, 26 Mei 2017

Pesona Garut Curug Sangiang Lantang

Pernahkah Anda mendengar Curug Sanghyang Lontang ? Bila Anda merupakan salah seorang traveler yang suka mengeksplor wisata yang ada di Garut mungkin Anda mengenalnya. Objek wisata ini masih merupakan wisata baru yang ada di bawah Gunung Papandayan. Mungkin di Instagram curug ini sudah cukup terkenal akan tetapi media social lain objek wisata ini masih belum banyak diketahui oleh orang banyak. 

Nama sebenarnya untuk curug ini adalah Sangiang Lantang bukan Sanghyang Lontang. Mengapa saya bisa berkata seperti itu ? Itu karena baru kemarin saya melaksanakan survey ke tempat tersebut untuk update informasi tentang pariwisata yang ada di Garut dan bertanya kepada pemilik objek wisatanya, dia mengatakan bahwa memang dahulu tempat ini sempat dinamai Curug Sanghyang Lontang, namun  karena beberapa pertimbangan, curug ini berganti nama menjadi Curug Sangiang Lantang.

"Curug artinya air terjun, sangiang artinya tempat berkumpul dan lantang artinya keras dan jelas jadi curug ini merupakan air terjun tempat berkumpulnya orang - orang dengan pemilik yang jelas bukan pemerintah" begitulah saut dari pemilik curug ini.

Pesona Garut memang terus berkembang sejalan dengan pariwisatanya yang terus berkembang. Jika beberapa bulan kedepan Karacak Valley menjadi trend wisata anak muda yang baru mungkin kini tak menutup kemungkinan Curug Sangiang Lantang juga akan seperti itu. 

Pesona Curug Sangiang Lantang
Curug ini terletak di kaki gunung papandayan, lokasi tepatnya sebelum nangklak dan gununga papandayan garut. Jadi apabila Anda berkunjung ke dua tempat tersebut, sempatkanlah juga untuk melihat Curug Sangiang Lantang ini. 

Kita ulas lebih dalam mengenai curug ini, saat berjalan dari lokasi parkiran motor, Anda langsung menuju kebawah karena memang tak mungkin membawa motor Anda kebawah. Saat anda berjalan kebawah, jalannya memang cukup menarik karena jalan yang sengaja dibuat disana adalah dari pohon bambu yang di belah dan dirapirhkan seperti layaknya jalan pada umumnya. Anda bisa lihat dari gambar dibawah ini. 


Hal tersebut mungkin menjadi salah daya tarik dari bagi para wisatawan. Perjalanan ke bawah menuju ke curug lumayan cukup jauh dan mudun jadi Anda mungkin perlu tenaga yang sedikit ekstra untuk bisa naik ke atas nanti. Sela - sela perjalanan mungkin Anda juga nanti akan menemukan beberapa backdrop dan petunjuk arah yang menunjukan ke lokasi curug tersebut. 


Sesampainya disana mungkin Anda akan disuguhkan langsung dengan curug sangiang lontang. Memang curugnya ini tidak terlalu tinggi akan tetapi cukup besar dan lumayan cantik untuk berfoto. Selain curug disana juga disedikan beberapa fasilitas seperti tempat duduk yang terbuat dari bambu, tempat bersalin, dan juga beberapa saung lesehan. Selain tempat untuk duduk, disana juga tersedia tempat untuk berfoto selfie supaya lebih menarik. Termasuk lambang love yang langsung bila Anda berfoto akan mendapatkan background curug tersebut.


Pesona Garut yang diperlihatkan oleh objek wisata ini memang tidak begitu terlihat, akan tetapi disini anda bisa merasakan betapa elok serta alaminya kota Garut dengan tumbuhan - tumbuhan yang masih hijau. Pokoknya sangat cocok untuk anda yang sedang ingin liburan dari penatnya kota. 

Selain itu, di curug sangiang lantang ini juga sudah terdapat pangulinan seperti tempat berenang atau biasa disebut pangojayan, papalidan dan lain sebagainya. 




Di tempat diatas, Anda bisa melakukan papalidan dengan menggunakan ban mobil ataupun parhu kecil. Rencananya ditempat ini juga akan dibangun beberapa home stay atau penginapan dengan gaya yang modern dan juga tradisional. Kita tunggu saja sampe proses tersebut dilaksanakan. Ohh iyah, yang paling menarik juga di tempat ini, sudah terdapat tempat painball, jadi bagi Anda yang suka dengan paintball di Garut Anda bisa melaksanakanya disini.
Posting Komentar