Selasa, 05 September 2017

Tips Mendaki Gunung Merbabu


 
Tips Mendaki Gunung Merbabu
Gunung Merbabu



Mendaki Gunung merbabu - Pernakah anda mendaki Gunung Merbabu? Di blok ini saya akan membagikan tips mendaki gunung Merbabu. yang perlu anda ketahui terlebih dahulu  ialah Gunung merbabu trletak di jawa tengah, tepatnya di perbatasan antara kabupaten boyolali dan Magelang, gunung merbabu Memiliki ketinggian 3142 mdpl dan merupakan Gunung ter indah di jawa tengah.


Untuk mendaki gunung Merbabu terdapat setidaknya  6  jalur antara lain :
•    Selo (Boyolali)
•    Suwating (Magelang)
•    Thekelan (Salatiga)
•    Chuntel (Salatiga)
•    Wekas (Magelang)
•    Gancik (Boyolali)





Baca Juga: Wisata Alam Indonesia-Mendaki Gunung semeru

Dari jalur di atas , jalur Selo  menjadi faforit bagi para pendaki, bukan tanpa alasan selain jalurnya yang mudah, pemandangan yang di tawarkan sangat indah di sepanjang jalur anda akan melihat rumput hijau yang menutupi pegunungan hingga menyerupai bukit teletubies,juga hutan pinus,kumpulan bunga edelwis, sumpah gak bohong, selain itu anda akan melihat gunung merapi gagah menjulang dari pos 3.

Akses transportasi – Dari Malang
•    Malang – Surabaya ( bus AC Ekonomi Rp 25.000 )
•    Surbaya – Solo (Bus AC Ekonomi Sekitar Rp 50.00 )
•    Solo – Semarang ( Bus AC turun di pasar boyo lali  Rp 13.000)
•    Boyo lali – Selo (Mini bus 10.000 )
•    Selo  -bascamp (Ojek Rp 10.000 )


Bascamp – Pos 1 

Pendakian di awali jalur yang Landai, Kita akan melewati hutan pinus dan hutan hijau yang rimbun, di sepanjang jalur pemandanga memang belum terlalu menarik, hanya beberapa trek terjal, trek ini cocok untuk anda melakukan pemanasan
Pos 1 merupakan dataran yang tidak begitu luas, hanya bisa untuk mendirikan sekitar 15 tenda saja.

Pos1 – Pos 2

Perjalanan menuju pos 2 treknya agak menanjak disertai dengan trek datar, pemandangan pun mulai terbuka karena hutan yang rimbun telah kita lewati.
Trek yang terberat ketika kita melewati tikungan macan, sampai di pos 2 kita bisa melihat Bukit pos 3, pos 2 sangat luas dan bisa menampung banyak tenda.

Pos  2 – Pos 3

Mulai Jalur ini kita sudah bisa melihat ke indahan Gunung merbabu, namun treknya  mulai menanjak hingga pos 3 karena kita akan menaiki bukit, namun perjalana kita akan ditemani dengn keindahan perkebunan edelwis, di pos 3 kita sudah bisa melihat gunung  Merapi menjulang nan gagah di depan mata kita, tak jarang para pendaki mendirikan tenda disini, karena  pos 3 merupakan dataran luas yang bisa menampung banyak tenda.

Pos 3 – Sabana 1
 
Tips Mendaki Gunung Merbabu
Sabana 1

Nah, di jalur ini merupakan trek ter berat di jalur merbabu via Selo, dan juga menjadi alasan kenapa para pendaki memilih mendirikan tenda di pos 3, tak lain Karena untuk persiapan menghadapi trek ini.
Melawati jalur ini kita harus mempunyai tenaga extra karena kemiringan sangat tajam, dan di trek ini mental para pendaki akan di uji.
Jika kita sampai di sabana 1 kita bisa melihat sunset, selain itu beberapa pendaki juga memilih mendirikan tenda disini, bukan hanya factor kelelahan, tapi pemandangan yang di taearkan di sini sangat indah
Di tempat ini kita bisa melihat Puncak merbabu, sabana 1 merupakan tempat datar yang luas dengan beberapa bukit di sampingnya.

Sabana 1 – Sabana 2 
Tips Mendaki Gunung Merbabu
Sabana


Untuk menuju ke tempat ini kita terlebih dahulu harus melewati trek yang menurun karena Sabana 2 terletak di balik bukit Sabana1, jalurnya sedikit lebih ringan dari pada saat di pos 3, kebanyakan para pendaki mendirikan tenda disini selain tempat yang luas di sini aman dari terpaan angin
Di sabana 2 pemandangannya sangat indah padang savanna yang menghampar luas dan pepohonan edelwis yang menjulang tinggi.

Sabana 2 – Puncak
 
Tips Mendaki Gunung Merbabu
Puncak kenteng songo

Biasanya , para pendaki mulai melakukan summit jam 3 pagi, jalur yang kita lewati sedikit lebih berat dari Sabana 1 dan sabana 2, kita akan mendaki bukit terlebih dahulu.
Saat sampai di watu lumpung, jalur sedikit lebih ringan dan terus menanjak, tidak adanya pepohonan membuat angin mudah menerpa tubuh kita sehingga tubuh kita akan menjadi sangat dingin.
Sampai di ujung bukit, kita bisa memilih antara puncak trigulasi (kiri) klenteng songo (kanan). Untuk mencapai puncak trigulasi masih membutuhkan waktu sekitr 1 jam, namun lebih di sarankan anda ke puncak klenteng songo karena puncak klenteng songo dan puncak syarif merupakan yang tertinggi.
Sekian tips dari saya mudah-mudahan bermanfaat bagi para pendaki, Salam lestari…!

Posting Komentar