Sabtu, 02 September 2017

Wisata Alam Indonesia-Mendaki Gunung semeru

Wisata Alam Indonesia-Gunung semeru
Gunung Semeru
Mendaki gunung semeru-Apakah anda ingin mendaki gunung semeru? Sebelum anda mendaki gunung semeru tentunya anda harus mengetahui tentang gunung semeru. gunung semeru merupakan gunung tertinggi di pulau jawa termasuk gunung berapi ke 3 tertinggi di indonesia dan masuk dalam jajaran seven summit indonesia. gunung ini terletak di 3 kabupaten yakni kabupaten malang lumajang dan pasuruan, selain di kelilingi perbukitan yang indah juga terdapat danau ranu kumbolo yang selalu menjadi penyejuk mata dan menjadi tempat camp pendaki sebelum pulang. 

 rute untuk mendaki gunung semeru anda harus menuju camp di desa ranu pani, dari stasiun kota baru anda bisa menaiki angkutan umun seharga 100 ribu untuk 10 orangg (pengalaman pribadi) menuju pasar tumpang (bisa nego tergantung tawar menawar harga) setelah itu mencarter mobil jeeb menuju desa ranu pani seharga 600 untuk 12 orang, untuk anda yang mendaki hanya membawa segelintir teman anda bisa menunggu sampai 12 orang atau anda yang mempunyai banyak uang langsung bayar 600 ribu tanpa menunggu pendaki lain.

sesampai di desa ranu pani anda harus regristrasi terlebih dahulu dengan membawa foto copy ktp, surat keterang sehat dari dokter. dengan biaya 22.500 per hari.
ohh ya.. saya lupa mulai oktober tahun 2017 pendaftara wajib via online. selain pendaftaran via online tidak akan di layani.

Ada 2 jalur pendakian menuju puncak semeru yaitu :

1. jalur ranu pani ialah jalur umum yang di lalui para pendaki
2. jalur ayek-ayek jalur ini sudah ditutup untuk umum karena pada jalur ini banyak hewan yang dilindung.

Bascamp- pos1

Setelah anda melawati gerbang "selamat datang" perjalanan landai kemudian agak menanjak ke sebelah kiri melewati perkebunan warga. 
 dilanjutkan denga jalan setapak melewati lereng bukit dengan jalan paving yang agak tertutup tanah, jalur ini msih bisa di lewati sepeda motor untuk evakuasi.
 pos 1 terletak di permukaan datar samping kiri dijalur yang berbelok di tempat ini anda bisa berhenti sejenak sambil membeli buah semangka untuk menambah energi dengan harga 2500 per biji. mahallll..! sebelum melanjutkan pos 2.

Pos 1 - pos 2

Dari pos 1 perjalanan masih jauh dengan trek yang sama melewati lereng bukit dengan trek yang agak landai hanya sesekali suguhan trek menanjak dengan jangkauan 2 sampai 3 meter dan tak terasa anda sampai di kawasan watu rejeng. 
pos 2 tak jauh dari watu rejeng juga terletak di area datar agak berbelok anda juga bisa membeli bekal berupa buah-buahan disini.

Pos 2 - pos 3

Jalur tetap sama akan tetapi sangat panjang membuat saya dan teman-teman ngos ngosan di jalur ini anda akan melewati jembatan baru berwarna merah dan jembatan lama yang agak pendek menandai anda akan sampai di pos 3.
pos 3 juga terletak di area yang sama area datar dengan di tandai warung sebagai ciri khas dari pos-pos sebelumnya.

Pos 3 - pos 4

Tepat di belang pos 3 trek menanjak sudah menunggu. tanjakan ini agak sama dengan tanjakan bukit penyesalan di rinjani tapi ini versi yang mini, tapi cukup menguras tenaga.
seusai melewai trek tersebut perjalanan di lanjutkan dengan trek landai, tak lama berselang danau ranau kumbolo sudah melambai lambai untuk di hampiri 
Pos 4 sudah menanti di atas danau ranu kumbolo di tandai dengan adanya penjual makanan. di sini anda bisa ber istirahat sambil melihat danau ranu kumbolo terhampar luas pas di depan mata. wahhhhhh sungguh terbayar pejalan memakan waktu sekitar 3 jam

Danau ranu kumbolo

Wisata Alam Indonesia-Gunung semeru
Danau Ranu Kumbolo

dari pos 4 anda tinggal menuruni bukit agak curam, Di sini anda bisa camp untuk melanjutkan pejalanan besok atau melanjutkan sampai kali mati.
Danau ranu kumbolo adalah tempat yang cocok untuk mendirikan tenda di sekitar tepi danau, dengan pemandangan terhampar luas juga masih asri.danau ranu kumbolo terletak pada ketinggian 2400 mdpl dan mempunyai luas sekitar 14 ha
Di pagi hari anda bisa menikmati sunrise yang muncul di sela-sela bukit. Lalu nikmat mana lagi yang akan kau dustakan?.. heehehe


Danau ranu kumbolo - Cemoro kondang

Wisata Alam Indonesia-Gunung semeru
Ranu Kumbolo
Setelah melewati danau anda akan melewati jalan agak terjal dengan kemiringan 45 drajat yang fonumenal dengan nama "tanjakan cinta" sambil menoleh ke blakang menikmati keindahan danau, setelah sampai pada ujung bukit anada akan melihat hamparan padang rumput oro-oro rombo apabila musim semi, bunga dengan nama latin verbena brasilensis bermekaran berwarna ungu dan menambah keindahan pemandangan.
Selepas oro-oro ombo anda akan tiba di cemoro kondang


Cemoro kondang - kali mati

Wisata Alam Indonesia-Gunung semeru
Jambangan
Selepas cemoro kondang banyak jalur menajak melewati hutan cemara ada beberapa jalur datar yang cocok untuk istirahat. Setelah itu jalur yang menurun menandai anda akan sampai di jambangan.
Jambangan ditandai dengan pos kecil tempat para penjual makana ringan sama seperti pos-pos sebelumnya, dari sini gunung semeru nampak menjulang tinggi nan gagah. Dan setelah itu jalur kembali meliwati hutan cemara dengan trek agak menurun beberapa menit kemudin anda telah sampai di kali mati di tandai dengan area datar dan teduh, dini tempat camp terakhir menuju puncak.


Kalimati-Puncak

Wisata Alam Indonesia-Gunung semeru
Puncak Semeru
Tepat pada jam 12 malam bagi para pendaki untuk melanjutkan perjalanan, karna jalur arcopodo tutup karena longsor anda akan melewati jalur pas di belakang shelter menyusuri hutan dengan jalan setapak nan sangat terjal hingga sampai di vegetasi terakhir.

Di sinilah pendakian sesungguhnya di mulai, trek berupa pasir kasar jika di injak akan merosot, ketika melaju tiga langkah anda akan merosot 3 langkah dan anda juga harus berhati dengan batu yang mengglinding seketika. hal ini juga pernah memakan korban jiwa. tak jarang para balik kucing ketika melewati trek ini. tapi dengan tekad yang kuat saya terus melaju hingga sampai di batu berukuran tak lama setelah itu puncak sudah di depan mata "welcome to top semeru" rasa capek disini telah terbayar dengan pemandangan yang hanya bisa di nikmati oleh segelentir orang yang berjiwa fighter dan tangguh sungguh pengalaman yang tak kulupakan sepanjang hidupku.

Dari kejahuan gunung arjuno gunung, welirang, gunung argopuro,gunung lemongan yang menyapa memberi selamat dan memberikan tantangan untuk di singgahi seolah olah menyapa "hai kapan kamu kesini".













Posting Komentar