Jumat, 12 Juni 2015

Sejarah Candi Pari Porong Sidoarjo

Sejarah Candi Pari Porong Sidoarjo - Kali ini saya akan mengunjungi Situs Candi yang berada di Sidoarjo, Candi yang berlokasi di pusat semburan Lumpur lapindo sekitar 2KM kearah barat laut. Tepatnya berada di desa Candi Pari Kecamatan Porong Sidoarjo ini adalah salah satu situs candi yang merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit.

Candi Pari Porong Sidoarjo
Candi Pari Porong Sidoarjo


Bentuk Candi Pari ini adalah bangunan persegi panjang yang terbuat dari batu bata, menghadap ke barat dengan ambang batas dan gerbang yang dibuat oleh batu andesit alam. Berikut Sejarah Candi Pari ini secara Singkat.

Pada masa lalu, diatas pintu gerbang Candi Pari ada batu yang bertuliskan dengan angka tahun 1371. Candi Pari ini bergaya arsitektur yang dipengaruhi oleh budaya Campa, salah satu daerah di Vietnam. Dan mampu memberikan gamabaran bagaimana kompleksitas isu-isu ekonomi, adpek politik , budaya, dan sosial yang lain pada waktu itu.

Pengaruh ini terlihat pada bangunan dan ornamen, namun Candi Pari masih menunjukkan karakter Indonesia. Menurut legenda foks, Candi Pari ini dibangun untuk comemorated yang kehilangan dari Joko Pandelegan. Dalam arsitektur, Candi Pari memiliki perbedaan dengan candi-candi lain di Jawa Timur. Perbedaan ini muncul dalam bentuk fisik dari Candi Pari yang sebagian besar yg dilembungkan dan tampak kokoh seperti candi di Jawa Tengah. Sedangkan candi di Jawa Timur, sebagian besar dalam bentuk ramping. Selain itu, perbedaan muncul dalam bentuk ornamen kaki, tubuh dan candi.

Oke demikian perjalanan saya kali ini di Candi Pari Porong Sidoarjo. Kita bertemu lagi di lain kesempatan. Hehe
Posting Komentar