Senin, 15 Juni 2015

Ziarah Ke Makam Sunan Bungkul Surabaya

Ziarah Ke Makam Sunan Bungkul Surabaya - Ki Ageng Bungkul atau Mbah bungkul, begitu warga Surabaya atau masyarakat dari daerah lain menyebutnya. Salah satu makam yang selalu ramai dikunjungi oleh para peziarah, khususnya menjelang bulan Ramadhan.

Makam mbah bungkul Surabaya
Makam Sunan Bungkul atau Mbah Bungkul Surabaya

 Makam Mbah Bungkul ini terletak tepat area Taman Bungkul Surabaya yaitu di Jalan Raya Darmo, Surabaya Jawa Timur. Sebuah kisah menyebutkan dulu Mbah Bungkul bernama Mpu Supa, tokoh masyarakat semasa kerajaan Majapahit di abad XV. Dan Mbah Bungkul ini disebut-sebut yang mempunyai andil dalam penyebaran agam^a Islam di Jawa, khususnya di sekitaran surabaya.

 Walaupun banyak cerita yang beredar ditengah masyarakat tentang siapa sebenarnya Mbah Bungkul itu sendiri. yang jelas para peziarah yang datang ke Makam Mbah Bungkul Surabaya meyakini bahwa beliau adalah penyebar Agama Islam di tanah jawa.

Sehingga para peziarah datang untuk mendoakannya, tidak sekedar berdoa, tidak sedikit pula para peziarah di Makam Mbah Bungkul mngambil air sumur kuno yang berada di areal Makam.

Dari cerita yang beredar, air sumur ini dibuat hanya dalam semalam oleh Sunan Ampel dan Mbah Bungkul ini tersimpan karamah, para peziarah yakin air sumur ini banyak memiliki khasiat. Para peziarah meminum air dari sumur ini, bahkan banyak pula yang memasukan kedalam botol untuk membawanya pulang.

Demikian Ziarah Ke Makam Sunan Bungkul Surabaya. kita akan berjumpa lagi ditempat ynag lain, hehe Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Posting Komentar