Jumat, 08 September 2017

Candi Sewu - Berkunjung ke Candi Sewu



Candi Sewu - Berkunjung ke Candi Sewu
candi Sewu

Candi Sewu – pernakah anda berlibur ke candi sewu? Di sini kami ingin membagikan tips-tips jika anda pergi ke candi Sewu

Candi Sewu merupakan Candi Budha terbesar ke dua setelah  candi Borobudur. Candi sewu terletak di dusun Bener,desa Bugisan, kabupaten Prambanan, kabupaten Klaten, jawa Tengah. Dahulu, letak candi yang berada di utara candi prambanan ini berada di kawasan pemukiman padat penduduk, namun sekarang area di sekitar candi sewu telah i kosongkan untuk digunakan sebagai tempat lokasi taman wisata prambanan borobudur yang menjadi satu kawasan dengan candi prambanan, candi lumbung dan candi Bubrah. Juga telah terdaftar sebagai salah satu warisan Dunia (word Heritage) oleh UNESCO.

Sejarah Singkat candi Sewu

Candi Sewu di bangun oleh Sri Maharaja Rakai Panangkaran pada masa pemerintahan mataram kuno, candi sewu di bangun sekitar tahun 714 Saka atau 792 Masehi, hal ini bedasarkan pada penemuan prasasti Manjusrigrha yang di temukan di dekat candi perwara yang menjelaskan tentang perayaan Prasada, Wajrasana pada tahun tersebut.

Bentuk Bangunan
Candi Sewu - Berkunjung ke Candi Sewu
Patung Dwarapala

Dilihat dari arca-arca yang di temukan dan atap candi berbentuk setupa maka candi ini termasuk dalam corak agama budha, hal ini yang menjadi ciri khas dari candi candi bercorak agama budha
Bangunan yang berada di kompleks candi sewu terdiri dari 249 bangunan candi, yaitu termasuk 1 candi induk, 4 pasang candi apit, 240 candi pengiring. Candi inuk terdapat di tengah-tengah kompleks yang di kelilingi oleh bangunan candi apit dan candi pengiring, juga terdapat 4 pasang patung Dwaralapa yang berada di ke empat sisi pintu masuk halaman kedua.

Candi Sewu - Berkunjung ke Candi Sewu
Relief Candi Sewu
Relief candi Sewu

Pada kaki candi Sewu terdapat sederetan yang menggambarkan motif purnakalasa atau hiasan jambangan bunga, selain tu terdapat “arca” singa pada setiap sudut kaki candi dan struktur tangga, pada sisi luar tangga yang ujungnya berbentuk makara, terdapat juga relief menggambarkan seorang raksasa yaksa, kalpawrksa, dan jambangan buga berbentuk sankha.

Aktivitas wisatawan

Wisatan kebanyakan adalah pelajar atau mahasiswa yang menjadikan liburan sebagai wisata edukasi atau tugas dari sekolahan atau kampus, atau sekedar foto-foto di objek objek tertentu

Akses ke candi sewu.

Untuk menuju candi sewu anda bisa menaiki bus trans jogja lewat jalur A atau jalur B turun di halte prambanan, kemudian dilanjutkan dengan ojek yang menempuh jarak 1 km dari halte.
sekian


Posting Komentar