Senin, 18 September 2017

Gunung Bromo - berwisata sunrise di Penanjakan 1

Gunung Bromo - berwisata sunrise di Penajakan 1
Gunung Bromo dari Penajakan 1
Gunung Bromo – Gunung ini merupakan salah satu gunung aktif di Indonesia, Gunung bromo terletak di tiga kabupaten, kab. Pasuruan, kab.Malang, Kab Lumajang, Gunung ini memiliki ketinggian 2.392 mdpl mdan memiliki bentuk tubuh bertautan diantara lembah dan lempeng  yang di kelilingi kaldera yaitu berupa lautan pasir yang luasnya sekitar 5.300 hektar.

Gunung Bromo menjadi objek wisata paling terkenal di jawa timur, gunung ini tidak sama dengan beberapa gunung lainnya, kebanyakan dari beberapa gunung untuk mencapai puncaknya di butuhkan waktu sekitar 2 – 3 hari, untuk gunung bromo hanya 1 malam saja, karean akses menuju gunung Bromo bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor atau dengan menyewa jeep yang sudah tersedia oleh rental setempat, oleh karenya banyak wisatawan selain para pendaki mengunjungi Gunung ini
Jalur menuju Gunung Bromo.

Gunung bromo memiliki tiga jalur pendakian yakni via Pasuruan, Malang (gubuk klakah), Lumajang (ranu pani).

baca juga    : mendaki Gunung Semeru
                 : Pesona Pantai Senggigi

Penanjakan 1

Kebanyakan dari wisatawan baik local maupun asing Sebelum menaiki Gunung Bromo, terlebih dahulu mengunjung Penanjakan 1untuk melihat Sunrise, jika anda menyewa jeep tentu hal ini sudah menjadi rute anda. Anda akan di antarkan oleh jeep sampai di bawah puncak penanjakan 1, selanjutnya anda akan berjalan menuju puncak Penanjakan 1 menaiki tangga yang agak menanjak dengan jarak sekitar 100 meter dari perkiran jeep,  Penanjakan 1 merupakan sebuah bukit dengan ke tinggian 2.770 yang terletak di sebelah barat gunung bromo, karena ke indahan pemandangan sunrise di penanjakan 1 warga asing mempunyai nama tersendiri untuk penanjakan 1 ini, yakni “ The Famous of sunrise”
Dari puncak Penajakan 1 pemandangan pemandangan yang ditawarkan sangatlah indah, wisatawan dapat menyaksikan pesona sunrise dengan latar belakang Gunung-Gunung eksotis yang memanjakan mata yakni Gunung Batok, Gunung Semeru dan pegunungan kecil lainnya. Bukan hanya itu, anda juga akan melihat lautan pasir yang menawan dengan sebuta “sea of sand” yang ter hampar di antara 3 gunung yang dilapisi dengan kabut-kabut, pemandangan seperti ini yang jarang ditemukan kecuali hanya di Penanjakan 1.

Menuju Gunung Bromo

Gunung Bromo - berwisata sunrise di Penajakan 1
Lautan Pasir



Sekitar jam 7 pagi, parawisatawan menuruni bukit Penanjakan 1 untuk menuju Gunung Bromo Baik anda yang menyewa jeep atau menggunakan Sepeda Motor. Sebagian wisatawan masih mampir sebentar di bukit cinta orang asing menyebutnya “Love Hill” menyempatkan untuk foto atau sekedar bersantai-santai, anda akan di antarkan sampai Pura  atau tepatnya pas di bawah kaki Gunun Bromo. Selanjutnya anda akan berjalan sekitar 2 km menuju puncak atau dengan naik kuda yang di sediakan penyewa dengan harga sekitar 40 – 50 ribu sekali jalan sampai di tangga kawah Gunung bromo, tangga kawah Gunung Bromo berjumlah sekitar 255 dengan kemiringan sekitar 75 drajat, dibutuhkan tenaga extra untuk melewati anak tangga ini.

Epistimasi waktu

Gubuk Klakah (malang) 01.00 WIB – Penajakan 1 03.30 WIB
Penajakan 1 07.00 WIB – Gunung bromo 08.00 WIB
Gunung Bromo 10.00 – Gubuk Klakah (Malang) 11.30 WIB
Sewa jeep bisa anda dapatkan di sekitar pasar Tumpang atau di rest area Gubuk Klakah Jika anda yang membawa sepeda motor dan ingin menyewa jeep, dianjurkan untuk menyewa jeep di rest area Gubuk Klakah.
Harga sewa jeep berkisar antara 600 - 700 untuk 10 orang



Posting Komentar