Selasa, 12 September 2017

Candi Prambanan - berkunjung ke Candi Prambanan

Candi Prambanan - berkunjung ke Candi Prambanan
Candi Prambanan

Candi Prambanan – Candi prambanan terletak di desa Bukoharjo, kec. Prambanan, Kab. Sleman, Daerah istimewa Yogyakarta, dan menjadi salah satu dari banyak candi yang di tetapkan oleh UNESCO sebagai warisan Dunia.

Sejarah candi Prambanan

Alkisah candi ini di bangun oleh bandung bondowoso meupakan seseorang laki- laki kesatria yang mencintai Roro Jonggrang dan ingin menikahinya, karena Roro Jonggrang tidak memiliki rasa cinta pada Bandung Bondowoso, maka Roro Jonggrang menyaratkan membuat 1000 arca dalam waktu salam, dalam rangka memenuhi permintaan Roro jonggrang Bandung Bondowoso hampir menyelsaikan pekerjaannya tepat waktu, Karena khawatir dapat menyelsaikannya, maka roro jonggrang meminta bantuan terhadap masyarakat untuk menabuh lesung agar ayam saling berkokok dan menandakan hari mulai pagi, hingga bondowoso hanya mampu membuat 999, mengetahui penghianatan Roro Jonggrang maka Bondowoso mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca menggenapi 1000 arca yang di buatnya.

Bentuk Bangunan
Candi Prambanan - berkunjung ke Candi Prambanan
Tiga bangunan Utama

Candi berlatar agama hindu ini berbentuk runcingi dan memiliki tiga bangunan utama yang disebut sebagai trimurti dalam ajaran agama hindu, ketiga candi tersebut bernama Candi Wisnu, Candi Brahma dan Candi Siwa dimana kesemua Candi ini menghadap arah timur.
Jika anda memasuki komplek Candi prambanan maka anda kan melihat berbagai bentuk candi yang berjumlah lebih dari 200 bentuk yang tersebar dalam satu komplek.


Relief Candi Prambanan

Candi Prambanan - berkunjung ke Candi Prambanan
Relief Prambanan

Candi ini memiliki relief naratif yang menceritakan sejarah hindu, Ramayanan dan krishnayana. Relif yang berkisah sejarah ini di ukir pada dinding sebelah dalam pagar yang mengelilingi tiga candi utama, relief ini dibaca dari kanan ke kiri sesuai arah jarum jam yang mengintari candi, hal ini sesuai dengan ritual pradaksina, yaitu ritual mengelilingi bangunan suci searah jarum jam yang dilakukan oleh para masyarakat hindu. Pada langkan candi wisnu terdapat relief naratif krishnayana yang menceritakan kehidupan Krishna sebagai salah satu awatara wishnu.

Fasilitas wisata

Banyak sekali fasilitas yang diberikan oleh pihak pengelola, salah satunya wisatawan dapat menggali informasi tetntang candi prambanan, baik wistawan local maupun asing dapat menggali informasi lengkap yang terdapat dalam museum yang tersedia didalam komplek.
Didalam museum sudah tersedia informs mengenai sejarah hingga proses terbentunya candi dalam bentuk map atau dalam bentuk audio visul bahasa Indonesia atau inggris, hingga wisatawan dapat menemukan informasi penting yang terdapat dalam candi prambanan.

Aktvitas wisatawan 

Kebanyakan para wistawan melakukan aktivitasny dengan meneliti bentuk banguan, relief, menghitung candid dan masih banyak lagi aktifitas lannya, atau sekedar foto-foto untuk menandai bahwa anda pernah mengunjunginya.

Harga tiket candi :

Wisatawan local Rp 30.000
Wisatawan asing Rp 120.00

Transportasi menuju Candi prambanan

Untuk wisatawan yang datang dari jogja, dengan menaiki bus trans jogja dengan harga 7000
Untuk wisatawan yang datang dari arah klaten bisa menaiki bus menuju arah prambanan.







Posting Komentar