Sabtu, 30 September 2017

Gunung Gede - Mendaki via Cibodas

Gunung Gede - Mendaki via Cibodas
Gunung Gede
Mendaki Gunung Gede – Gunung Gede terletek di daerah Jawa Barat, dan termasuk dalam kawasan Taman Nasaiona Gunung Gede Pangrango dan merupakan salah satu dari lima taman nasional yang resmi di umumkan pada tahun 1980. Kawasan taman nasional yang masih asri dari jamahan manusia menjadikan taman nasional ini sebagai favorit destinasi wisatawan Pulau Jawa khususnya Jawa barat.
Gunung Gede memiliki dua puncak yakini Puncak Gunung Gede 2.958 mdpl  dan puncak Pangrango 3.019 mdpl, keduanya di hubungkan dengan sebuah lembah berketinggian 2.393 mdpl yang dinamai dengan Kandang Badak.

Mendaki via Cibodas

Cibodas adalah jalur utama dan menjadi favorit bagi para pendaki yang terletak di kab. Cianjur, Jawa Barat aksesnya yang cukup mudah yakni para pendaki tinggal menuju kebun raya Cibodas dan jalur menuju bascam sudah menjadi satu arah.

Bascam – Tarentong 

Para pendaki diharuskan mendaftar di bascam terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke Tarentong, menuju Tarentong didominasi dengan jalan yang sudah di paving para pendaki akan meliwati perkebunan warga jalurnya mudah karena jalur ini tidak hanya di lewati para pendaki namun juga dilewati oleh wisatawan yang akan berkunjung ke tempat lain seperti Telaga Biru dan Air terjun Cibeureum.

Tarentong – Telaga Biru

Gunung Gede - Mendaki via Cibodas
Telaga Biru

Perjalanan masih mudah dan kita akan banyak menjumpai para wisatawan yang berkunjung ke telaga Biru ataupun Air Terjun Cibeurium, sekitar 30 menit perjalanan kita akan menjumpai sumber air berwarna biru  yang dinamakan telaga Biru karena air yang berwarna kebiru – biruan karena efek dari gangga yang ada didasar atau di pinggir telaga, perjalanan ini kita akan banyak menjumpai sumber – sumber air.

Telaga Biru - Rawa Panyangcangan - Rawa Denok 1 - Pondok pemandangan

Perjalanan akan di lanjutkan menuju Rawa Penyangcangan dengan waktu sekitar 20 menit jarak antara keduanya sangat dekat, kita akan menjumpai pos Rawa Panyangcangan yang terdapat percabangan menuju Gunung Gede dan Air terjun Cibeurium.
Dari Rawa panyangcangan kita akan melewati Rawa denok 1 jalan yang membelai Rawa yang dibuat sedemikian Rupa sehingga nyaman untuk dilalui. Jalan tersebut terbuat dari cor – coran.
Para pendaki selanjutnya akan melewati pos – pos yang sama, selepas dari jalan rawa kita akan menemui  jalan yang menanjak, terjal, dan melelahkan, disini pendakian sebenarnya akan dimulai.
Rawa Denok 1 – Rawa Denok 2
Rawa denok 2 – Batu Kukus 1
Batu Kukus 1 – Batu kukus 2
Batu Kukus 2 – Batu Kukus 3
Batu Kukus 3 – Pondok pemandangan

Pondok Pemandangan  - Air  Panas - Kandang  Batu - Panca Weuleuh - Kandang  Badak

Setelah perjalanan yang melelahkan ditempuh sekitar 2,5 jam dari Rawa denok Sampailah kita di Pondok Pemandangan , selanjutnya pendaki menuju Air Panas dengan trek yang extrim, para pendaki akan menyusuri aliran air dengan jalan yang sempit bebatuan para pendaki hanya di bantu dengan seutas tali dan akar serabut pohon dan pendaki harus hati karena di bawah aliran air terdapat jurang yang curam perjalanan akan terus seperti itu hingga kita berhenti dan mendirikan tenda di Kandang Badak.

Dari pos pemandangan menuju Kandang Badak ditempuh dengan waktu Sekitar 4 jam, di Pos kandang Badak ini para pendaki beristirahat dan mendirikan tenda untuk bermalam, persedian air Di ps Kandang Badak sangat melimpah, ada tempat khusus yang di buat pengelola seperti gallon air yang menampung air dari Gunung, di tempat ini bisa menampung sekitar 15 tenda.

Kandang Badak – puncak Gunung Gede

Gunung Gede - Mendaki via Cibodas
Tanjakan Setan

Dari Kandang Badak Menuju Puncak memerlukan waktu Sekitar 2 jam, di tengah perjalanan kita akan menemukan persimpangan, ke kiri menuju Puncak Gede dan Kanan menuju Puncak Pangrango.
Dalam perjalanan munuju puncak Kita juga akan menumukan 2 jalur yang pertama jalur menajak dan terjal dinamakan tanjakan Setan dan yang ke 2 jalan yang memutar menuju puncak Gede, kita bisa melalui keduanya dengan memilih jalur yang berputar saat menuju Puncak dan melewati tanjaka setan saat Pulang atau sebaliknya.

Setelah turun dari puncak Gede para pendaki biasanya akan menuju Puncak Pangrango, pendaki tinggal turun sampai pesimpangan menuju puncak Pangrango.

Posting Komentar