Selasa, 03 Oktober 2017

Peralatan yang wajib dibawa para Pendaki

Jika kita melihat para pendaki gunung tentunya hal yang identik adalah sebuah tas besar yang digendong oleh para pendaki gunung, seolah dengan membawa tas ukuran jumbo menandakan pribadi yang kuat atau dari sebagian kalian menilai hal itu adalah sebuah fasion belaka? Tidak, mengapa?, karena dalam tas ransel berukuran besar itu terdapat alat – alat yang dibawa selama pendakian berlangsung, perlu kalian ketahui khususnya bagi anda yang mau mendaki dan merupakan pengalaman petama anda sebagai pendaki, maka ada beberapa peralatan yang harus kalian bawah selama pendakian berlangsung dan jika gunung yang di daki berketinggian 3000 mdpl lebih maka peralatan dibawah ini menjadi wajib untuk dibawa.

Peralatan pribadi

1.    Carriel atau tas Gunung
Peralatan wajib dibawa para Pendaki
Tas cariel

Tas Gunung tentunya sangat beda dengan tas biasanya tas gunung memiliki ukuran yang lebih besar, tas Gunung memiliki variasi dalam hal ukuran, mulai dari 45 liter, 55 liter, 65 liter, 75 liter hingga 115 liter ukuran jumbo pada tas Gunung memang beralasan karena barang yang di bawa cukup banyak dan bekal persiapan untuk beberapa hari di gunung.

Desain yang sedemikian rupa agar tas gunung nyaman dipakai oleh para pendaki saat membawa beban berat, terdapat kantong kantong untuk menaruh jas hujan, tali rafia, pelastik dan lainnya, yang terpenting tas Gunung harus ada pelindung hujan atau rain cover agar barang bawaan tidak basah saat hujan.

2.    Jaket
Peralatan wajib dibawa para Pendaki
Jaket Parasit

Merupakan pakaian wajib bagi para pendaki, jaket ini  sangat membantu di saat mlam hari damana pada waktu malam hari cuaca akan sangat dingin, jaket yang terbuat dari parasit sangat di anjurkan supaya daya tahan tubuh pendaki tetap terjaga , banyak kasus terjadi dimana pendaki mengalami hipertemia atau kedinginan teramat karena jaket tidak memadai, jadi bawalah jaket yang mempuni supaya pendakian lebih aman

3.    Sepatu dan Sandal Gunung
Peralatan wajib dibawa para Pendaki


Peralatan wajib dibawa para Pendaki

Mendaki Gunung kita akan melewati medan yang bervariatif mulai dari jalan yang berbatu, lintasan pasir, genangan air sampai jalan bergelombang, oleh karenanya sangat dianjurkan untuk memakai sepatu khusus untuk mendaki Gunung

Sepatu Gunung memiliki pijakan yang erat dan bentuk sedemikian rupa agar para pendaki merasa  nyaman  untuk melewati medan – medan yang berat, banyak dari pendaki tergelencet atau kaki yang melempuh disebabkan sepatu yang tidak cocok.

Sepatu Gunung merupakan pilihan kedua para pendaki, biasanya pendaki  memilih membawa ke duanya disaat jalur landai dan tidak pendek para pendaki melepas sepatu dan memakai sandal, saya pribadi memilih memakai sepatu dari pada menggunakan sandal karena lebuh nyaman dan bebas.

4.    Sleping bag atau kantung tidur
Peralatan wajib dibawa para Pendaki
Sleping Bag

Kantong tidur atau sleping bag berfungsi untuk menutupi anda ketika dalam tenda atau saat tidur agar tubuh tetap hangat dan menghindari hal – hal yang tidak diinginkan seperti hipertemia, tidak dapat dipungkiri karena rata – rata suhu di pegunungan mencapai 5 drajat sampai -10 drajat  pada malam hari, tenda kebanyakan tidak mampu untuk mencegah masuknya hawa dingin selama malam hari. Carilah kantong tidur yang pas untuk badan anda dan jangan terlalu besar, kantong tidur dari bahan utama polar wajib anda pertimbangkan untuk dibawa.

5.    Matras
Peralatan wajib dibawa para Pendaki

Matras berfungsi sebagai alas untuk tidur di dalam tenda atau sebagai alas untuk duduk besantai tampa harus beralas tanah, secara umum matras terbuat dari bahan karet, ada 2 varian dari matras, matras dengan karet tebal atau tipis.

6.    Sarung tangan
Peralatan wajib dibawa para Pendaki

Sarung tangan berguna untuk melindungi tangan dari goresan, gesekan atau mungkin gigitan kecil dari hewan ketika melewati trek di gunung, terutama di hutan lebat atau berduri. Selain itu, sarung tangan juga untuk menjaga suhu tubuh karena jari – jari tangan kita sangat sensitive pada cuaca sangat dingin.

7.    Masker
Peralatan wajib dibawa para Pendaki

Selain berguna sebagai penahan dingin masker juga sebagai topeng ketika melewati lintasan berpasir dan berdebu agar pernafasan tidak terganggu, selain itu masker juga bisa di gunakan sebagai penutup kepala agar terhindar dari terik matahari.

8.    Kaos Kaki
Peralatan wajib dibawa para Pendaki

Kaos kaki sangat dibutuhkan ketika mendaki seperti halnya sarung tangan, dan manfaat sangat terasa ketika malam hari, bawalah dua kaos kaki, satu kaos kaki untuk perjalan mendaki dan satu kaos kaki untuk tidur.

Perlatan kelompok

1.    Tenda
Peralatan wajib dibawa para Pendaki

Tenda di perlukan untuk  berteduh khususnya ketika malam hari, tenda memiliki banyak jenis, ukuran, model, dan tingkat kualitas.
Setidaknya ada hal – hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih tenda seperti berat tenda, kualitas tenda dan daya tahan ketika berada di cuaca dingin
Pendaki biasanya memilih menambahkan fly seat di atas tenda supaya ketika hujan berlangsung air tidak tembus kedalam tenda.

2.    Peralatan Masak
Peralatan wajib dibawa para Pendaki

Peralatan masak yang harus dibawa antara lain kompor, panci kecil, pisau lipat, gas, minimal membawa 2 untuk pendaki yang berjumlah 4 orang peralatan di atas sangat wajib. Ingat, selama pendakian berlangsung tidak ada warung makan.
Posting Komentar