Jumat, 02 Juni 2017

Lokasi Wisata Dusun Bambu Lembang Bandung

Lokasi Wisata Dusun Bambu Lembang.

Lokasi wisata yang bisa kita jadikan sebagai tempat liburan yang asik bersama keluarga adalah lokasi wisata dusun bambu yang terletak di daerah lembang, kabupaten Bandung. Dusun Bambu Family Leisure Park ini memasukan konsep antara wisata belanja , wisata alam dan juga wisata kuliner. Alasan kenapa kita harus mengunjungi dusun bambu Lembang ini karena tempat wisata satu ini memiliki suhu udara yang sangat sejuk dan juga lokasinya sangat dekat dengan beberapa lokasi tempat wisata lain yang juga terletak dikawasan Lembang seperti Kampung Daun, Kampung Gajah , Sapu Lidi dan masih banyak tempat wisata didekat sana.
Baca Juga : Lokasi Wisata Kampung Daun Lembang
Alamat dari Dusun Bambu Family Leisure Park ini ada di jalan kolonel masturi km.11 , Cisarua , Lembang , Kertawangi - Kabupaten Bandung.

Dusun Bambu Bandung
Dusun Bambu Lembang

Dusun Bambu Leisure Park ini terletak di kaki gunung Burangrang dan memiliki lokasi wisata yang sangat luas. Dikarenakan lokasi yang luas tersebut banyak sekali kegiatan yang sudah bisa kita lakukan di sana seperti bersepeda, joging, banyak lokasi tempat bagus untuk berfoto, melakukan kegiatan wisata kuliner sampai dengan kegiatan camping. Untuk melakukan semua kegiatan tersebut di dusun bambu kita tidak perlu ribet karena semua fasilitas tersebut sudah disediakan oleh pengelola lokasi wisata. Lalu apa saja sih fasilitas di lokasi wisata dusun bambu Lembang ini, mari kita bahas berikutnya.

Fasilitas di lokasi wisata dusun bambu Lembang.

Banyak sekali fasilitas di lokasi wisata dusun bambu lembang yang sudah tersedia dari lokasi bermain, lokasi wisata belanja, lokasi wisata kuliner dan masih banyak lainnya termasuk juga penginapan pun sudah ada. Beberapa fasilitas di dusun bambu diantaranya sebagai berikut :
- Restoran Purbasari .
Restoran Purbasari ini letaknya ada didekat pintu masuk lokasi wisata dusun bambu, didepan restoran ini terdapat sebuah danau yang sangat indah dan dilengkapi dengan saung tempat makan yang didirikan tepat di pinggir danau. Karena letaknya dekat gerbang masuk jadi kita begitu sampai akan langsung disuguhkan dengan sebuah danau indah yang membuat mata kita begitu takjub ketika melihatnya. Restoran Purbasari di dusun bambu ini menyajikan makanan khas Sunda, selain kuliner di restoran ini kita juga bisa bermain sepeda air keliling danau yang indah tersebut.
- Cafe Burangrang.
Cafe Burangrang ini juga merupakan salah satu tempat kuliner dan bersantai yang ada di lokasi wisata dusun bambu, letaknya tepat diseberang restoran Purbasari. Cafe ini dinamakan cafe Burangrang karena lokasi dusun bambu ini letaknya memang di kaki gunung Burangrang. Cafe Burangrang ini memiliki dua tingkat, jadi jika berada di lantai dua maka kita akan bisa menikmati sensasi berwisata kuliner atau bersantai sambil menikmati keindahan alam sekitar gunung Burangrang.
- Lutung Kasarung.
Lutung Kasarung ini juga masih sama merupakan lokasi tempat makan yang ada di dusun bambu. Lutung kasarung ini merupakan tempat makan yang bentuknya menyerupai sangkar burung dan dikelilingi oleh banyaknya pepohonan. Di Lutung Kasarung ini kita bisa menikmati makanan dan minuman sambil merasakan udara yang sejuk. Lutung Kasarung ini bahkan pernah menjadi salah satu tempat yang banyak digunakan oleh pengunjung untuk mengambil foto dan menguploadnya di media sosial mereka saat lokasi wisata dusun bambu Lembang ini pertama kali dibuka.
- Pasar Khatulistiwa.
Pasar Khatulistiwa ini merupakan salah satu tempat untuk berwisata belanja. Pasar khatulistiwa ini menyajikan berbagai macam hidangan makanan dan juga cimilan termasuk juga Souvenir. Pasar ini juga menyediakan berbagai macam aneka buah-buahan dengan kualitas yang sangat bagus. Di samping pasar khatulistiwa ini juga terdapat arena bermain anak yang bisa digunakan oleh kita jika membawa anak.
- Villa Kampung Layung Dusun Bambu
Villa Kampung Layung ini merupakan tempat penginapan yang sudah disediakan oleh pengelola lokasi wisata dusun bambu Lembang. Bentuk dari villa kampung Layung ini semua di buat dominan dengan menggunakan bambu sehingga nuansa alam pedesaan akan sangat terasa disini. Villa kampung layung ini juga memiliki berbagai tipe yang bisa kita sewa untuk menginap dan tarifnya juga relatif murah kok.
- Area Camping Ground.
Namanya juga area camping ground, sudah pasti ini adalah tempat untuk kegiatan camping yang ada di lokasi wisata dusun bambu lembang bandung.
- Toilet Umum
Toilet umum di dusun bambu ini banyak sekali, bisa dibilang hampir disetiap fasilitas wisata seperti pasar khatulistiwa, cafe Burangrang dan tempat lainnya memiliki toilet umum tersendiri. Kondisi toiletnya juga sangat bersih karena setiap saat ada petugas yang khusus membersihkan.
- Lokasi Parkir
Lokasi parkir di dusun bambu ini sangat luas sekali, bahkan dari tempat parkir kita harus berjalan cukup jauh untuk sampai ditempat lokasi wisata utama, tetapi kita tidak perlu kuatir karena pihak pengelola sudah menyediakan mobil khusus untuk digunakan dari lokasi parkir yang akan mengantarkan kita ketempat lokasi tujuan dengan free alias gratis.
- Tempat Ibadah
Pihak pengelola lokasi wisata dusun bambu juga sudah menyediakan sarana tempat ibadah berupa mushola khusus untuk anda yang beragama muslim. Mushola yang disediakan juga cukup besar dan sangat bersih, jadi jangan dikotori ya.
Di atas tersebut adalah beberapa fasilitas yang sudah tersedia di lokasi wisata dusun bambu lembang bandung.

Harga Tiket Masuk Dusun Bambu Lembang.

Untuk harga tiket masuk dan juga parkir di lokasi wisata dusun bambu Lembang ini sangat murah. Jika kita ingin ke dusun bambu cukup membayar tiket masuk seharga Rp 15.000 perorang sedangkan untuk anak dibawah tiga tahun masih digratiskan. Sedangkan untuk parkir mobilnya adalah Rp 10.000 dan motor Rp 5.000. Tarif parkir di dusun bambu ini jauh lebih murah jika di bandingkan dengan tarif parkir atas di tempat wisata kawah putih.
Baca Juga : Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey Bandung

Rute Jalan Ke Dusun Bambu Lembang.

Jika kita ingin ke lokasi wisata dusun bambu lembang ada beberapa rute jalan yang bisa kita gunakan diantaranya sebagai berikut :
- Via Tol Pasteur 
Jika menggunakan kendaraan mobil, kita bisa keluar di gerbang tol Pasteur lalu diteruskan ke jl.sukajadi - jl.setiabudi - setelah sampai di terminal Ledeng kita berbelok kiri menuju jl.kolonel masturi , setelah dijalan kolonel masturi kita tinggal lurus terus mengikuti papan petunjuk jalan yang mengarah ke Curug Cimahi. Dari Curug Cimahi kedepannya sekitar 300 meter kita akan ketemu gapura bertuliskan "komando" lalu kita masuk ke gapura tersebut sekitar 500 meter kita akan sampai di gerbang masuk lokasi wisata dusun bambu lembang bandung.
- Via Cimahi
Jalur Cimahi ini merupakan jalur alternatif yang banyak orang gunakan saat liburan untuk menuju ke dusun bambu atau Curug Cimahi. Untuk menggunakan jalur ini kita bisa mulai pasir Koja Bandung . Dari Pasirkoja Bandung kita bisa mengambil arah ke Cibeureum lalu belok kiri menuju ke kota Cimahi, setelah sampai di alun-alun kota Cimahi ada jalan belok kanan ke menuju jl.kolonel masturi dari sana kita tinggal lurus saja ikuti papan petunjuk jalan yang menuju ke dusun bambu. Walaupun ini merupakan jalan alternatif kita tidak perlu kuatir karena banyak sekali papan petunjuk jalan menuju lokasi wisata dusun bambu lembang. Supaya para pengunjung tidak ragu kita lihat dulu google maps lokasi keberadaan dusun bambu bandung ini.

Tips Wisata ke Dusun Bambu Lembang.

Untuk ke lokasi wisata dusun bambu lembang ada beberapa tips yang bisa kita simak terlebih dahulu diantaranya :
- Lokasi dusun bambu lembang ini buka setiap hari mulai jam 08.00 - 21.00 tetapi alangkah baiknya kita berangkat lebih awal supaya bisa lebih puas mainnya karena lokasi wisatanya cukup luas kurang lebih sekitar 15 hektar.
- Dari tempat parkir sebaiknya kita manfaatkan kendaraan yang sudah disediakan untuk ke tempat wisata utama karena kendaraan tersebut akan mengantarkan kita secara gratis, daripada harus berjalan kaki khan capek kecuali jika mau sedikit berolahraga.
- inget bahwa tiket masuk bisa ditukar dengan air mineral, Khan sayang jika kita lupa untuk menukarkannya.
- satu poin yang paling penting, ketika memasuki lokasi wisata dusun bambu lembang kita tidak diperbolehkan membawa makanan atau minuman dari luar, jika ketahuan kita bisa didenda 250 ribu. Daripada kena denda uang tersebut khan bisa kita manfaatkan untuk makan didalam tempat kuliner dusun bambu. Sekian informasi yang bisa kami bagikan mengenai lokasi wisata dusun bambu lembang bandung, selamat berlibur.

0 komentar: