Purchasing Code

Selasa, 22 Maret 2016

Renggginang Garut

Selain Burayot sebagai salah satu makanan khas Garut, masih ada Rengginang Garut yang mungkin menarik untuk anda coba sebagai olahan makanan khas sebagai bahan oleh-oleh yang dapat anda bawa pulang jika anda berkunjung ke kota Garut. Rengginang Garut ini memiliki aneka berbagai rasa yang unik yang mungkin sangat pas untuk disantap dan menjadi sajian masyarakat Indonesia. 

Meskipun Rengginang ini merupakan makanan khas Indonesia, akan tetapi rengginang ini banyak dan mudah sekali anda temukan di kota Garut dengan ciri khas pembuatan rengginang kota Garut. Rengginang yang berasal dari Garut ini biasanya memiliki rasa yang gurih akan tetapi juga tidak manis seperti rengginang yang berasal dari jawa tengah. 


Jika anda berkunjung ke Garut, selain membeli makanan khas Garut seperti Dodol Garut dan juga Jeruk Garut sebagai bekal oleh-oleh, anda juga dapat mencoba sesekali membeli Rengginang ini sebagai cemilan anda di mobil. Banyak terdiri variasi rengginang di kota Garut yang selalu dipasarkan diantaranya : rengginang bumbu terasi rasanya sangat gurih dan kriuk cocok untuk mereka yang gemar ngemil.

Saking gurihnya rasa Rengginang garut bumbu terasi, di daerah asalanya yaitu garut, selain untuk cemilan rengginang juga sering disantap sebagai pengganti kerupuk. Rengginag dimakan menjadi lauk ketika makan nasi atau bisa juga rengginang menjadi teman anda ketika menikmati hidangan berkuah seperti Bakso, Soto, mie instan dan lain-lain.

Cara Pembuatan Rengginang 

Resep Rengginang 
Bahan :
  1. 100 ml air 
  2. 1 sdt gula pasir 
  3. 1 sdt Garut
  4. 250 gram ketan yang sudah dicuci
  5. Haluskan 2 Siung Bawang Putih dan 1 Sdt Terasi Bakar
Cara Pembuatan Rengginang
  1. Kukus beras ketan yang sudah disiapkan tadi selama kurang lebih 10 - 15 menit, lalu tiriskan
  2. Campurkan bumbu-bumbu yang telah di siapkan tadi seperti : Gula Pasir, Bumbu Halus, Garam dan Air, lalu aduk hingga merata.
  3. Rebus bumbu yang sudah dicampurkan tadi sampai mendidih.
  4. Tambahkan beras ketan, aduk sampai meresap.
  5. Kukus minimal selama 30 menit atau hingga matang.
  6. Angkat kemudian bentuk sesuai selera, lalu letakan diatas tampah, lalu jemur
  7. Setelah satu sisi kering, balik rengginang tadi agar merata.
  8. Goreng dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang.
Itulah, informasi sedikit tentang Rengginang Garut yang menjadi cemilan khas Garut yang mungkin dapat menjadi oleh-oleh anda yang berwisata di Garut. Untuk sekedar informasi, jika anda tahu informasi seputar Pertamini Digital Elektrik atau Jual Pertamini Digital, anda dapat menghubungi bapak Tenten di 082318651310 Pin BBM. 548F164C.
Posting Komentar