Purchasing Code

Selasa, 11 Oktober 2016

Pantai Cicalobak

Pantai Cicalobak

Pantai dengan nama yang asing dan juga unik mungkin  sering anda dengar di beberapa objek wisata pantai yang ada di Garut Selatan. Pantai Karang Paranje, Pantai Sodong Parat, Pantai Karang Tepas dan juga Pantai Cicalobak adalah beberapa nama yang mungkin cukup sering anda dengar. Jika sebelumnya Wisata di Garut membahas tentang Pantai Sodong Parat, kini saya juga ingin memperkenalkan satu lagi pantai yang belum tenar yaitu Pantai Cicalobak. 

Walaupun nama pantai ini terbilang aneh, namun keindahan alam yang dipancarkan oleh pantai ini sungguh sangat indah dan juga mempesona. Bicara soal ketenaran, mungkin pantai ini sangatlah jauh berbeda dengan pantai seperti Santolo, Sayang Heulang dan juga Rancabuaya. Namun apabila berbicara soal keindahan mungkin pantai ini dapat sangatlah bersaing dengan pantai - pantai tersebut. 

Pantai Cicalobak

Saya dapat katakan pantai ini sangatlah eksotik dengan lokasi yang strategis karena berada pada lintasan ruas jalan Jabar Selatan. Jika dikelola dengan baik sebenarnya pantai ini sangat potensial sekali untuk dijadikan tempat wisata ungulan jawa barat. Saya yakin sekali jika pantai ini dikelola oleh pihak setempat, pantai ini dapat menjaring wisatawan domestik maupun mancanegara. 

Lokasi Pantai Cicalobak

Untuk lokasi pantai cicalobak ini terletak di Kec. Mekarmukti Kab. Garut, Jawa Barat. Bila dari arah pusat kota Garut ada sekitar 90 KM jarak yang akan anda tempuh atau sekitar 2 - 3 jam perjalanan dari pusat kota. 

Rute Perjalanan ke Pantai Cicalobak

Untuk rute perjalanan ke pantai cicalobak ini anda dapat menggunakan beberapa jalur baik itu menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Ada 2 jalur alternatif yang mungkin akan anda lewati yaitu jalur pameungpeuk dan juga jalur rancabuaya. 

Pantai Cicalobak
  1. Dari Bandung, bila melalui jalur pemeungpek rute jalannya akan seperti Bandung - Garut - Pameungpeuk - Mekarmukti.
  2. Dari Bandung, bila melalui jalur rancabuaya rute jalannya akan seperti Bandung - Pangalengan - Mekarmukti

Sarana dan Prasarana 

Pantai Cicalobak
Seperti yang telah saya jelaskan diatas tadi, pantai cicalobak ini sangat kurang diperhatiakan oleh pemerintah untuk tujuan wisata, maka dari itu sarana dan prasarana di objek wisata ini masih sangatlah terbatas. Baik akomodasi, penginapan ataupun hotel di kawasan ini juga terbatas. Villa, Resort, Bungalow dan rumah sewa ada namun settingannya masih kurang profesional. 

Tiket Masuk Pantai Cicalobak.

Hampir sama halnya dengan pantai - pantai lain di Garut Selatan, untuk bisa masuk ke pantai ini anda akan dikenakan biaya yang sangat murah. Jika masuk ke pantai santolo ataupun sayang heulang anda harus mengeluarkan uang sekitar RP. 5.000,- sampai Rp. 10.000,-. Nah untuk bisa masuk ke Pantai Cicalobak ini jauh lebih murah, anda hanya dikenakan tiket masuk Rp. 3.000,- sampai Rp. 5.000,- dan itupun bila di hari libur weekend maupun hari - hari besar lainya. Namun bila hari - hari biasa biasanya tidak kenakan biaya alias GRATIS.. hehe
Posting Komentar