Minggu, 10 September 2017

Gunung penangungan - mendaki gunung penanggungan via Tamiajeng

Gunung penangungn - mendaki gunung via Tamiajeng
Gunung Penanggungan

Gunung penanggungan – Gunung penanggungan secara geografis terletak di dua kabupaten yaitu kabupaten mojokerto dan pasuran, jawa timur, gunung ini memiliki ketinggian 1653 mdpl, dari kejahuan gunung ini berbentuk kerucut sempurna menyerupai gunung semeru kebanyakan para pendaki menyebutnya dengan miniature gunung semeru, jika anda pendaki pemula, gunung ini sangat cocok sebelum anda mendaki gunung dengan ketinggian di atas 3 ribuan.

Ada sekitar 4 jalur pendakian menuju gunung penangungan yaitu:

Jalur  Tamiajeng
Jalur Jolo tundo
Jalur Kunjoro Wesi
Jalur Gajah Mungkur

Jalur via tamiajeng adalah jalur resmi ter faforit bagi para pendaki, karena jalur ini memiliki waktu yang sangat singkat di banding ke tiga jalur lain

Untuk menuju bascamp dari gterminal Surabaya menuju terminal pandaan, lalu ambil jalur trawas, desa tamiajeng tak jauh dari lokasi wisata air terjun dan kampus 3 uneversitas UBAYA.
Perlu diketahui di sepanjang jalur pendakian tidak tersedianya sumber air sehingga bagi para pendaki untuk membawa air dari bascam yang cukup untuk sekitar 1 hari penuh.

baca juga : Berlibur ke Gili trawangan            
                          : Mendaki gunung Semeru

Bascamp – pos 2

Jalur pendakian dimulai dengan jalur setapak, berikutnya adalah trek bebatuan dengan jalur yang sedikit menurun, selanjutnya anda melewati ladang hingga ada persimpangan, anda ambil lurus hingga sampai di pertigaan disini terdapat plang yang membuat para pendaki lebih muda menuju pos 2. 30 menit kemudian kita akan sampai di pos 2, pos 2 di tandai dengan pos dan beberapa warung yang menyediakan aneka makanan ringan, gorengan dan minuman.

Pos 2 – pos 3

Para pendaki akan di suguhi dengan trek yang sedikit terjal  sesekali landai, jalur cukup lebar dan jelas, pos 3 di tandai dengan shelter di sebelah kiri yang dapat digunakan untuk berteduh, perjalanan di di tempuh kurang lebih 2 menit

Pos 3 – pos 4

menuju pos 4 jalur sudah mulai menanjak, treknya didominasi dengan bebatuan yang licin,sesekali jalan dengan model tangga yang dibuat oleh orang setempt, hampir tidak ada jalan landai menuju pos 4, jalannya terus menanjak, dari arah belakang terlihat gunung arjuno, welirang yang menjadi spot yang indah, menuju pos 4 di tempuh dengan waktu sekitar 40 menit. Sedikit dari pendaki yang mendirikn tenda disini.

Pos 4 – puncak bayangan

Gunung penangungn - mendaki gunung via Tamiajeng
Puncak terlihat dari puncak banyangan

Selepas pos 4 kami melanjutkan perjalanan ke puncak di trek ini jalur terus menanjak, jalur didominasi dengan bebatuan yang licin. lelah dan kaki hampir kram yang kami rasakan ketika melewati trek ini, memang gunung penangungn kecil-kecil  cbai rawit, dibutuhkn tenaga ekstra melewati jalur ini. Menuju puncak bayangan vegetasi terakhir sudah terlihat, terlihat dari kejahuan hamparan pegunungan dan spot daerah trawas begitu Nampak jelas. Terdapat banyak bunga daisy yang membuat jalur Nampak begitu indah sampai di puncak bayangan dilanjutkan dengan menuju puncak sekitar 50 menit, di puncak bayangan kebanyakan pendaki mendirikan tenda akan tetapi karena area yang luas dan tadar angin kencang akan menerpa sewaktu-waktu.

Gunung penangungn - mendaki gunung via Tamiajeng
spot gunung Arjuno

Mudah-mudahan tips ini bermanfaat selamat mendaki
 

Posting Komentar