Sabtu, 30 Desember 2017

Pendakian Gunung Welirang via Tretes


Pendakian Gunung Welirang via Tretes
Gunung Welirang

Pendakian Gunung Welirang – Gunung welirang adalah Gunung yang terletak di dua Kabupaten di Jawa Timur yaitu Mojokerto dan pasuruan, para pendaki dominan melewati jalur tretes. Gunung ini memiliki ketinggian 3.156, mdpl meskipun tak setinggi Gunung Semeru, Gunung ini sangat sulit untuk di taklukkan karena trek yang dilalui pendaki di domonasi oleh jurang dan bebatuan, hal ini yang menjadi tantangan sendiri bagi pendaki.


Untuk menuju desa tretas dari arah surabaya (terminal Bungurasih) menuju terminal pandaan seharga 8000 per orang dan dilanjutkan dengan menggunakan angkutan pedesaan seharga 7000 turun di depan pos perizinan pendakian Gunung Arjuno atau depan hotel Tanjung. 

Pos Perizinan – Pet Bacor – Kop Kopan

Sesampainya di pos perizinan kita wajib membayar regristrasi sebesar 6000-per orang. Dilanjutkan dengan menyusuri hutan kawasan tretes menuju Pet Bacor, udara jernih dan hawa sejuk menemani perjalanan pendakian Gunung Welirang, kita akan melalui jalan paving sampai menuju Pet Bacor, perjalanan akan ditempuh selama sekitar 30 menit.

Selanjutnya perjalanan dilanjutkan menuju Kop – Kopan, trek menuju tempat tersebut berupa jalan rusak jalur cukup lebar karena dilewati oleh jeep penambang belerang, sepanjang perjalanan kita kan disuguhi pemandangan yang indah berupa savana tretes, indahnya gunung penangungan dan hamparan kota yang terlihat kecil. Perjalanan menuju kop – Kopan sangat menguras tenaga, menanjak berkelok kelok. Perjalanan menuju Kop-Kopan dibutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan.

Kop-Kopan – pondokan


Menuju Pondokan jalur menjadi lebih curam, treknya didominasi oleh bebatuan dan jika di injak akan bergoyang juga batu yang lancip jika di injak akan terasa Linu terhadap kaki, jalur inilah yang sangat menyiksa bagi para pendaki di Gunung Welirang, jalur lurus terus menajak tiada henti dan sampailah kita di Pondokan dengan durasi waktu sekitar 4 jam.

Pondokan –Puncak Welirang

Pendakian Gunung Welirang via Tretes
Puncak Gunung Welirang


Pos pondokan adalah tempat yang digunakan oleh para penambang untuk istirahat, terdapat pos yang bisa di gunakan oleh para pendaki untuk beristirahat, juga terdapat sumber air yang bisa untuk minum dan keperluan logistik lainnya, kita akan melewati pelipiran gunung yang sampingnya ada jurang, jalan cukup landai dengan suguhan pemandangan gunung Kawi yang indah, sesampainya di vegetasi terakhir kita akan melihat dengan jelas kawah Gunung Welirang yang berwarna kuning, di tempat ini bau belerang sangat menyengat. Puncak Gunung Welirang berupa bebatuan di tempat ini kita melihat indahnya kota pasuruan, gunung Penangungan yang bercincin awan, lebih jauh lagi terlihat punncak semeru yang melambai lambai ingin disinnggahi.

Posting Komentar