Selasa, 02 Januari 2018

Candi Borobudur - Wisata Edukasi

Candi Borobudur - Wisata Edukasi
\Candi Borobudur
Candi Borobudur – Merupakan salah satu candi budha terbesar di Indonesia bahkan terbesar didunia. Pada tahun 1991 Candi Borobudur dinobatkan sebagai salah satu situs  warisan dunia oleh UNESCO. Candi ini beralamat di Jl. Badrawati Kab. Magelang Jawa tengah, dan menjadi pusat wisata edukasi bagi para pelajar, wisatawan local maupun manca Negara.

Luas Candi Borobudur sekitar 120 x 125 meter persegi, terdiri dari 10 tingkat. Banguna candi Borobudur terbuat dari susunan balok bata vulkanik, terdapat 504 arca, 72 stupa dan terdapat stupa induk dan merupakan stupa terbesar dibagian puncak. Balok-balok tersebut tersusun tanpa menggunakan bahan perekat.

Relief candi

Terdapat sekitar 1.460 relief yang mengelilingi dinding candi Borobudur dan memiliki panjang sekitar 1,5 meter persegi. Pada relief tersebut menceritakan tingkat kehidupan budha. Pada bagian bawah, relief menceritakan tentang prilaku yang buruk yang dibutakan hawa nafsu dunia dan membuat manusia akan celaka, relief tersebut disebut “kamadathu”. Pada bagian tengah terdapat relief yang menceritakan tentang manusia yang sudah terbebas dengan hawa nafsu dunia, relief tersebut bernama “Rapadathu”. Relief yang paling atas bernama “Arupadathu” yang menceritakan tentang tingkatan manusia yang mencapai drajat tinggi yakni tempat bersemayam para Dewa.

Candi Borobudur adalah satu karya terbesar dalam sejarah peradaban sejarah manusia kuno. Hal ini terlihat dari susunan balok dan pahatan reliefnya. Candi Borobudur juga menjadi bukti kemajuan peradaban kuno dibidang teknologi arsitektur, dan seni sastra.

Sejarah singkat Candi Borobudur

Belum ada kepastian tentang berdirinya candi Borobudur akan tetapi menurut pendapat dari para ahli sejarah, Borobudur berdiri pada abad 9  pada masa dinasti syeilendra dibawah pemerintahan Raja Samaratungga. Yang menjadi arsitek dari bangunan candi Borobudur bernama Gunadharma meskipun pada waktu itu tidak mengenal komputer maupun teknologi, alat berat lainnya, dia dapat membangun candi dengan sangat megah, pembangunan komplek candi ini diperkirakan memakan waktu sekitar 50 – 70 tahun lamanya.

Candi Borobudur - Wisata Edukasi
Pelataran borobudur

Aktivitas wisatawan

  • Wisata edukasi
Mengunjungi Candi Borobudur dapat anda lakukan dengan menkaji budaya atau sastra sejarah yang bisa diambil oleh anda dari bentuk relief, yang dibaca secara memutar searah jarum jam mengelilingi candi, dan ketika sampai ujung anda dapat menemukan cerita sejarah yang berguna untuk wawasan kita.

  • Spot Foto

Dari segi bentuk bangunan yang tidak ditemukan di candi yang lain dan juga pernah masuk dalam situs 7 keajaiban dunia, maka candi Borobudur merupakan tempat yang pas untuk spot foto, banyak dari wisatawan melakukan hal demikian.

  • Mengelilingi Candi Borobudur

Terdapat pelataran yang sangat luas di luar candi Borobudur, anda dapat mengelilinginya dengan berjalan kaki maupun menaiki kereta kelinci bagi anak-anak, atau dengan menaiki andong. Fasilitas tersebut bisa dapat anda rasakan dengan harga yang terjangkau.

Harga tiket masuk Candi

Dewasa Rp 30.000 WNI, Rp 150.000 WNA
Anak-Anak Rp 12.500 WNI, Rp 80.000 WNA

Akses menuju Candi Borobudur

Candi Borobudur terletak dikawasan kota yang mana banyak kita jumpai banyak angkutan umum atau dengan menaiki bus antar kota jurusan Jogja dan turun di depan Candi Borobudur.
Posting Komentar